Petani Kuansing akan Dilatih Buat Kompos

Petani Kuansing akan Dilatih Buat Kompos

TELUK KUANTAN- Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi berencana akan melaksanakan program pelatihan pembuatan pupuk organik atau kompos kepada para petani. Hal itu dikatakan Kepala bidang agribisnis, Dinas tanaman pangan Kuansing, Syofinal, SP saat berbincang dengan wartawan, Senin (1/12/2014) di ruang kerjanya.

Menurut Syofinal, saat ini banyak bahan baku yang ada disekitar petani tidak dimanfaatkan secara baik, padahal kalau dikelola secara baik akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi."Kita punya bahan baku yang cukup banyak, seperti kotoran ternak, jerami, pelepah tanaman dan lain sebagainya. Kalau ini kita olah menjadi kompos, itu akan sangat memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kesuburan tanah,"ujar Syofinal.

Dengan adanya kompos buatan petani itu sendiri nantinya kata Syofinal, otomatis akan mengurangi penggunaan pupuk kimia."Selain kita latih, nanti akan kita bantu penyalurannya dan kita buat kemasan tersendiri, dengan begitu tentu dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia,"terangnya lagi.

Disamping itu katanya, semua bahan baku yang saat ini tidak dimanfaatkan akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seperti contoh, sebelumnya mungkin para peternak membiarkan kotorannya berserakan, besok tentu mereka kumpulkan.

"Bahkan mungkin kalau sebelumnya ternak mereka dilepaskan, besok kalau kotorannya sudah memiliki nilai ekonomis dan bisa di jual untuk bahan baku kompos ini, otomatis para peternak ini akan mengandangkan ternaknya, itu tentunya juga memberi dampak positif terhadap petani, karena tidak ada lagi gangguan ternak yang berkeliaran mengganggu tanamannya,"terang Syofinal lagi.

Kalau program ini berjalan nantinya kata Syofinal, pihaknya juga akan membantu mesin pencacah kepada masyarakat yang benar-benar mau melaksanakan kegiatan ini."Kita lihat dulu nanti respon masyarakat, kalau memang perlu, tahun depan akan kita bantu mesin pencacah,"sebutnya.

Syofinal meyakini program ini akan sangat bermanfaat mengingat kebutuhan akan kompos ini akan sangat banyak.(Utr)

Berita Lainnya

Index