Jumlah Jalan Kabupaten yang didanai DAK Bertambah, Dari Tiga Ruas menjadi Empat Ruas Jalan

Jumlah Jalan Kabupaten yang didanai DAK Bertambah, Dari Tiga Ruas menjadi Empat Ruas Jalan
Ruas jalan Lapau Gading - Pangean yang sering mengalami kerusakan. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Jumlah ruas jalan kabupaten di Kuansing yang berhasil digolkan pemeliharaannya melalui dana aloasi khusus ( DAK ) dari pemerintah pusat bertambah, dari tiga ruas jalan menjadi empat ruas jalan.
Hal tersebut dikatakan Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Alam Kuansing, Azwan diruang kerjanya, belum lama ini. " Dahulu ada tiga sekarang sudah menjadi empat ruas jalan, alhamdulillah dengan demikian dana APBD Kuansing dapat dialokasikan untuk pemeliharaan ruas jalan kabupaten lainnya,"ujar Azwan.
Ruas jalan terbaru yang dapat diloloskan pemeliharaannya melalui dana DAK sebut Azwan yakni desa Pauh Angit ( Marabunta ) - Simandolak ( Lapau Gading ). " Ini ruas jalan yang masuk dalam kategori pemeliharaan dari dana DAK terbaru, karena dana DAK setiap tahun dialokasikan pusat dan diharapkan terus bertambah,"ujar Azwan.
Diharapkan setelah masuk dalam kategori dana DAK, ruas jalan yang sering rusak dan dikeluhkan warga masyarakat tersebut akan dapat teratasi. Ia mendukung ruas jalan ini didanai dari DAK karena volume kenderaan yang melewati ruas jalan ini sudah semakin padat, baik kenderaan pribadi maupun angkutan barang, bahkan menjadi jalan bagi kenderaan dari Sumbar  ke Inhu dan Inhil serta sebaliknya.
" Ini jalan alternatif yang jarak tempuhnya pendek, kedepan akan diperlebar sehingga semakin lancar ,"ujarnya.
Sementara tiga ruas jalan kabupaten yang telah dahulu didanai dari DAK ujarnya masing-masing Seberang Taluk - Sangau Lubuk Jambi. Kemudian Simpang Handoyo- Eks Trans dan Koto Baru, serta Benai - Koto Rajo - Baserah.
Agar pemeliharaan jalan dapat didanai dari dana DAK ujarnya, harus melalui sejumlah kriteria. Jalan kabupaten tersebut katanya harus menghubungkan masuk dan keluar di jalan provinsi.
" Misalnya jalan Simpang Handoro - Eks Trans - Koto Baru, masuk nya akan dari jalan Nasional di Jake lalu kembali keluar di jalan nasional di Koto Baru Singingi Hilir,"ujarnya.
Kedepan ujar Azwan mereka kembali mengusulkan ruas jalan kabupaten yang telah memenuhi kriteria agar dapat didanai dari dana DAK. Dengan demikian perawatannya akan semakin baik dimasa-masa yang akan datang. ( isa )

Berita Lainnya

Index