Sukarmis : Jika RAPP tak Sanggup Tanami HTI/HTR, Serahkan ke Masyarakat yang Tak Punya Lahan

Sukarmis : Jika RAPP tak Sanggup Tanami HTI/HTR, Serahkan ke Masyarakat yang Tak Punya Lahan
Bupati Kuansing H Sukarmis saat menghadiri acara aksi menanam satu milyar pohon. ( ktc )


BASERAH -  Bupati Kuansing H Sukarmis meminta PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) supaya memelihara dan menjaga hutan, terutama kawasan hutan tanaman industri (HTI) yang dimaanfaatkannya.

"HTI atau hutan tanaman rakyat ( HTR ) itu tolong ditanam, kalau tak sanggup nanam, ya, tolong serahkan kepada masyarakat," kata Bupati Sukarmis saat menyampaikan sambutan pada acara aksi menanam satu miliar pohon dan bulan menanam nasional 2014,  di Kecamatan Kuantan Hilir, Kamis (27/11/2014 ).

Dengan luasnya HTI dan HTR RAPP di Kuansing, Bupati Sukarmis menilai, antisipasi kerusakan harus dilakukan oleh perusahaan ini. Disadarinya, masyarakat saat ini banyak yang membutuhkan lahan  untuk perkebunan karet dan sawit.

Oleh karenanya, jika RAPP tak sanggup lagi menanam, Bupati Sukarmis dengan santai meminta perusahaan ini menyerahkannya kepada masyarakat. Dan sesuatu yang luar biasa apabila RAPP mau menyerahkannya kepada masyarakat.

"Kalau tak bisa seerahkan ke masyarakat. Sebab, selagi masyarakat mau tanam karet dengan sawit, dan RAPP mau menyerahkan, waah, itu luar biasa," katanya.

Bupati Sukarmis mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP yang telah memelihara greenbelt, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk membuat jalur. "Terima kasih, greenbelt RAPP dimanfaatkan masyarakat untuk membuat jalur," ucapnya lagi.

Namun disadarinya pula, RAPP ini memiliki sikap kadang baik terhadap masyarakat dan kadang jahat terhadap pemerintah. Namun,  Bupati Sukarmis juga mengucapkan terima kasih karena telah berpartisipasi pada acara menanam ini.

"RAPP ini kadang baik terhadap masyarakat dan kadang jahat terhadap pemerintah. Tapi sekarang RAPP baik kok, kami harap baik untuk seterusnya,"  pungkas Sukarmis.( isa )

Berita Lainnya

Index