Anggota TNI-Polri terlihat kompak saat membantu korban banjir di desa Pulau Baru Kopah, Rabu (26/11/

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Desa Pulau Baru Kopah, Akses Jalan Terputus

Kamis,26 November 2014 - 02:49:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN- Bencana banjir yang terjadi sejak, Selasa (25/11/2014) malam kembali merendam puluhan rumah warga di desa Pulau Baru Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah. Tak hanya merendam pemukiman, banjir kali ini juga mengakibatkan akses jalan dari Teluk Kuantan menuju Kenegrian Kopah terputus, sehingga warga yang hendak menuju kota Teluk Kuantan maupun sebaliknya harus memutar ke Benai dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

"Sudah sejak tadi malam air masuk, sampai sekarang sudah merendam sekitar 90 buah rumah yang terdiri dari 105 KK (kepala keluarga), dan kelihatan debit air masih naik alias belum surut,"ujar Sekretaris desa Pulau Baru Kopah, Karim Usman kepada wartawan, Rabu (26/11/2014) siang.

Akibatnya kata Karim, sejumlah warganya terpaksa mengungsi ke rumah penduduk yang berada di dataran tinggi di sekitar desa tersebut."Untuk saat ini kedalaman air diperkirakan mencapai 1 meter di dalam rumah, jadi sebagian ada yang mengungsi terutama untuk menyelamatkan barang-barang berharga,"sambung Karim.

Terkait kondisi ini menurut Karim, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak kecamatan maupun Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuansing."Sudah kita laporkan, tapi sampai sekarang belum ada bantuan yang kami terima, padahal dalam satu bulan ini kami sudah mengalami dua kali banjir serupa ini,"katanya lagi.

Sementara itu, Camat Kuantan Tengah, Drs Yulfides ketika dikonfirmasi via teleponnya mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan kepala desa Pulau Baru Kopah serta dinas sosial."Mengenai penyaluran bantuan itu wewenang Dinsosnaker, dan kita hanya mengkoordinasikan saja, tapi yang pasti kita terus memantau perkebangan di lapangan,"ucapnya.

Secara terpisah, anggota Polsek Kuantan Tengah yang juga Kapolpos Kopah, Bripka Hasbi Indra mengatakan bahwa pihaknya bersama-sama Babinsa dan anggota Koramil Kuantan Tengah telah turun ke lokasi banjir untuk membantu warga dalam melakukan evakuasi.

"TNI-Polri secara bersama-sama tadi sudah turun ke lokasi untuk membantu warga dalam upaya evakuasi untuk menyelamatkan barang-barang mereka,"kata Hasbi.

Koordinator Tagana Kuansing, Zulmusfar mengaku kalau pihaknya juga terus memantau kondisi terkini keadaan banjir di Kuansing."Kita terus berkoordinasi dengan anggota yang sudah menyebar di setiap desa terutama di wilayah yang rawan banjir,"ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada warga khususnya yang berada di sekitar bantaran sungai agar selalu waspada mengingat curah hujan di wilayah Kuansing masih cukup tinggi.(Utr)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT