Petani Kuantan Hilir Seberang Dambakan Mesin Pompa Air

Petani Kuantan Hilir Seberang Dambakan Mesin Pompa Air
salah satu irigasi di Kuansing. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Mengantisipasi terjadinya musim kemarau setiap memasuki musim tanam, para petani yang ada di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang mendambakan mesin pompa air untuk mengalirkan air dari sungai ke sawah.

Aspirasi itu disampaikan saat berdialog secara langsung dengan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Tanaman Pangan (Distangan) Kuansing di Desa Pelukahan, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, belum lama ini.

Adapun aspirasi yang disampaikan para petani secara langsung kepada Kepala Distangan Kuansing, Ir H Maisir, diantaranya permohonan bantuan mesin pompa air untuk disalurkan ke area persawahan, karena mengantisipasi area persawahan kering akibat musim kemarau.

"Iya, ada masukan dari beberapa ketua kelompok berkenaan dengan apabila masuk musim kemarau dan persawahan akan kering kerontang, petani kita mohon bantuan mesin air untuk disalurkan ke sawah, karena jarak Sungai Kuantan dengan lahan persawahan lebih kurang 200 meter," ujar Camat Kuantan Hilir Seberang, Jon Hendri L SSos.

Selain itu, katanya, petani juga menginginkan pembuatan pintu air di area persawahan yang ada di sejumlah desa di Kuantan Hilir Seberang. "Aspirasi ini disampaikan langsung para petani kepada Pak Kadis," katanya.

Menanggapi itu, Kepala Distangan Kuansing, Ir H Maisir menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengusahakan. "Silahkan buat permohonan melalui proposal, nanti kita usahakan," katanya.

Maisir juga mengingatkan para petani menanam padi dengan baik, seperti penanaman dengan pola jajar legowo. "Pola ini baik untuk kesuburan padi dan produktivitas padi petani kita," ingatnya.( utr )

Berita Lainnya

Index