Jika Ruang Kelas 3 RSUD Gratis, Berdampak Pada PAD

Sabtu,10 November 2012 - 01:37:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pihak RSUD Teluk Kuantan siap mensukseskan pengobatan gartis bagi semua kalangan di ruang kelas 3 seperti yang diutarakan Bupati Kuansing H Sukarmis saat menyampaikan jawaban pemerintah terhadap Ranperda RPJMD belum lama ini.
Hal ini dikatakan Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitupulu, MARS, Jumat ( 9/11 ) kemaren. " Kita sangat siap dengan program pro rakyat ini, dan sekarang tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mensukseskan program tersebut,"ujarnya.
Koordinasi katanya diperlukan untuk mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan dan juga mekanisme sistem pengobatan gratis bagi ruang kelas 3 RSUD yang akan diterapkan itu. " Untuk anggaran yang dibutuhkan, Kita juga sedang mengkaji dengan instansi terkait lainnya,"ujar David Oloan.
Mengenai ruang kelas 3 yang ada saat ini ujarnya sebanyak 3 unit ditambah lagi dengan ruang anak dan ruang kebidanan. " Ruang-ruangan ini akan dimanfaatkan nantinya bila program ini berjalan,"ujarnya.
Hanya saja ujar David Oloan, jika agenda pengobatan gratis tersebut terlaksanana, tentu saja akan mempengaruhi pendapatan asli daerah ( PAD ) yang selama ini masuk dari ruang kelas 3. " Hal ini perlu diclearkan karena menyangkut PAD yang ditargetkan kepada RSUD nantinya,"ujar dr David Oloan.
Seperti diberitakan sebelumnya dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah ( RPJMD ) Kuansing 2011-2016, Pemkab Kuansing bakal memberikan prioritas kepada sektor kesehatan dan pendidikan yang menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat.
Hal ini diutarakan Bupati H Sukarmis saat menyampaikan jawaban pemerintah terhadap pendapatn fraksi DPRD Kuansing atas Ranperda RPJMD, Rabu ( 7/11 ) yang lalu di Gedung DPRD Kuansing.
Dalam pelayanan kesehatan sebutnya, telah melakukan program jaminan kesehatan daerah ( Jamkesda ). Sementara untuktahun 2013 mendatang , Pemkaba akan menganggarkan dana untuk mendukung program pengobatangratis di RSUD untuk kelas tiga bagi semua masyarakat di Kabupaten Kuansing. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT