Zona hijau atau Greenbelt PT RAPP dari udara

Gunakan Helikopter, Dishut Kuansing Pantau Wilayah Greenbelt PT. RAPP

Jumat,31 Oktober 2014 - 03:48:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Kehutanan, bersama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melakukan pemantauan lewat udara terhadap wilayah greenbelt yang ada di Estate Cerenti, Jumat (31/10/2014) siang.

Pemantauan tersebut menggunakan helikopter. Dalam memonitoring wilayah operasional RAPP itu, Pemkab Kuansing diwakili langsung Kepala Dinas Kehutanan Kuansing Dr Agusmandar MSi. Sedangkan pihak RAPP langsung diwakili Manager RAPP Estate Cerenti, Rudianto.

"Kita melaksanakan monitoring lewat udara terhadap wilayah-wilayah greenbelt yang berfungsi sebagai zona penyanggah yang ada di RAPP Estate Cerenti," kata Kepala Dinas Kehutanan Kuansing, Agusmandar kepada wartawan, usai melaksanakan monitoring di Teluk Kuantan, usai melakukan pemantauan.

Selain melihat wilayah kondisi greenbelt, juga dipantau tata batas dan tata ruang area operasional RAPP. "Selama ini kita hanya memantau di wilayah darat, tetapi sekarang kita coba memantau lewat udara," katanya.

Dari hasil pengamatan pihaknya lewat udara, diakui Agusmandar, mulai dari tapal batas, tata ruang hingga greenbelt masih terjaga. Namun sangat disayangkan, sejumlah perusahaan perkebunan di wilayah ini tidak pandai menjaga wilayah, seperti area greenbelt.

Sementara itu, Manager RAPP Estate Cerenti, Rudianto menyampaikan, bahwa pihaknya akan rutin melaksanakan monitoring terhadap area operasional RAPP di estate yang dipimpinnya dan estate lainya, baik melalui darat maupun udara, mulai pemantauan tapal batas, tata ruang hingga greenbelt.

"Akan rutin kita laksanakan kegiatan pemantauan seperti ini, karena memang kami sangat komit menjaga lahan yang diperuntukkan bagi kami, termasuk menjaga wilayah greenbelt," kata Rudianto.

Rudianto mengungkapkan, bahwa luas wilayah operasional RAPP Estate Cerenti sekitar 33 ribu hektar. Sesuai aturan, 10 persen dari luas wilayah itu harus diperuntukkan untuk wilayah greenbelt.

Sementara, di RAPP Estate Cerenti wilayah greenbelt mencapai 17 persen dari luasan. "Sekarang itu, wilayah greenbelt RAPP di Estate Cerenti seluas 5.900 hektar. Dan wilayah ini sekarang masih terjaga dan terawat, dan makanya, kita ajak Dishut untuk meninjaunya," katanya. (Utr)


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT