Salah satu peralatan canggih USG yang dimiliki RSUD Teluk Kuantan seharga Rp2.5 M. ( ktc )

Mulai 2015, Penderita Gagal Ginjal dapat Cuci Darah di RSUD Teluk Kuantan

Minggu,19 Oktober 2014 - 08:45:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - RSUD Teluk Kuantan terus meningkatkan jenis layanan kesehatan terhadap masyarakat. Salah satu layanan kesehatan terbaru yang dapat dinikmati masyarakat dalam waktu dekat yakni cuci darah atau dalam istilah kesehatan disebut hermodialisa.
Hemodialisa merupakan metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh melalui alat dialysis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak. Hemodialisa dilakukan bila ginjal anda sudah tidak mampu melaksanakan fungsinya atau biasa disebut dengan gagal ginjal.
" Tahun 2015 kegiatan cuci darah sudah bisa dilakukan di RSUD bagi warga yang ingin cuci darah tidak perlu lagi jauh ke luar daerah,"ujar Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitupulu, MARS kepada wartawan, Jumat ( 17/10/2014 ) yang lalu.
Menurutnya, kegiatan cuci darah tersebut akan terlaksana berkat kerjasama dengan salah satu lembaga kesehatan. " Mereka sudah melakukan peninjauan ke RSUD beberapa waktu lalu dan sangat berminat, tentu Kita sangat menyambut baik keinginan mereka itu, dan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk lokasi cuci darah,"ujarnya.
Menindaklanjuti hal ini kata David, RSUD menyediakan salah satu ruangan di RSUD untuk kegiatan cuci carah tersebut, dan juga sumber daya manusia untuk membantu kerjasama tersebut. Bahkan David saat itu memperlihatkan ruangan yang bakal menjadi ruangan kegiatan cuci darah yang terletak tak jauh dari bangsal ruang rawat inap dan  Mushollah.
Kata David mereka sangat beryukur adanya lembaga yang menyodorkan sarana cuci darah tersebut, karena warga yang melakukan pencucian darah semakin meningkat, karena pola makan dan hidup yang tidak sehat.

" Keberadaan alat cuci darah di RSUD nanti dapat membantu warga masyarakat, terutama menekan biaya bila pergi ke luar daerah untuk cuci darah, agar layanan maksimal Kita akan ciptakan SDM yang menguasai teknis cuci darah dan juga pelayanan kepada pasien,"ujarnya.
Keberadaan ala cuci darah ini ujarnya diharapkan juga dapat meningkatkan kunjungan ke RSUD Teluk Kuantan. " Pasien RSUD juga dari daerah tetangga seperti Peranap Inhu,"ujarnya. ( utr  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT