Kebutuhan Hewan Kurban di Kuansing 1.877 Ekor, Meningkat Dibandingkan 2013

Kebutuhan Hewan Kurban di Kuansing 1.877 Ekor, Meningkat Dibandingkan 2013
Ilustrasi. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Jumlah kebutuhan hewan kurban di 15 kecamatan di kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) tahun ini sebanyak 1.877 ekor.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kuansing H Masri AS SP MSi kepada wartawan , Selasa (30/9/2014).

Jumlah ini katanya diperoleh dari petugasnya yang telah melakukan pendataan di setiap kecamatan. Jumlah tahun ini meningkat sebanyak 16 ekor dari tahun lalu yang jumlahnya hanya 1.861 ekor. "Memang jumlah ini sementara, tapi tidak akan jauh berbeda jumlahnya," kata Masri.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.318 ekor merupakan jenis Sapi, 315 jenis Kerbau dan 244 jenis Kambing. "Memang kebutuhan kita tidak terpenuhi, makanya kita ada impor sapi sebanyak 120 ekor dari Jawa," katanya.

Guna memastikan kondisi kesehatan hewan kurban tersebut, pihaknya akan menerjunkan staf ke lapangan untuk memeriksa kesehatan hewan. Mereka akan mengutamakan pemeriksaan terhadap penyakit cacing dan hati yang kemungkinan diidap hewan kurban yang akan dikurbankan masyarakat.

“Satu hari atau hari H, petugas Dinas Peternakan akan turun ke lapangan memeriksa kesehatan hewan kurban. Kita fokus memeriksa penyakit hati dan penyakit cacing,” ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index