Jika Sampai Hari Rabu Kabut Masih Bertahan, BLH Kuansing Bagikan Masker

Jika Sampai Hari Rabu Kabut Masih Bertahan, BLH Kuansing Bagikan Masker
Kabut asap yang masih menyelimuti kota Teluk Kuantan, Selasa ( 16/9/2014 ) siang. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Jika sampai hari Rabu ( 17/9/2014 ) kabut asap kiriman masih melanda Kuansing, Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Kuansing akan turun ke lapangan membagi masker.
" Kita melihat perkembangan sampai Rabu , jika kabut masih ada Kita akan sebarkan masker,"ujar Kepala BLH Kuansing, H Hardi Yacub, SP saat ditanya perkembangan terakhir penanganan kabut asap, Selasa ( 16/9/2014 ).
Penyebaran awal masker ujarnya akan dilakukan dibeberapa titik yang akan disesuaikan dengan kondisi dilapangan. Sementara itu, mengantisipasi dampak buruk  kabut asap jika terus berlanjut, BLH akan menggandeng mitra kerja seperti perusahaan untuk membantu warga masyarakat mendapatkan masker.
" Kalau masih berlanjut juga kabut asap seperti saat ini, Kita akan sebarkan masker ke siswa-siswi atau anak sekolah yang rutin melakukan aktifitas di luar rumah dan rawan terkena dampak kabut asap,"ujarnya.
Ditegaskan lagi oleh Hardi Yacub, asap yang melanda Kuansing merupakan asap kiriman dari Sumatera Selatan dan Jambi, pasalnya jumlah titik api di Kuansing relatif kecil. " Pantuan satelit NOAA hari Senin ( 15/9/2014 ) hanya terpantau satu titik api atau hot spot di desa Pangkalan di kecamatan Pucuk Rantau, "ujarnya
Sementara itu kabut asap masih tampak menyelimuti wilayah Kuansing, namun untuk kepekatan sendiri tergantung waktu. Kadang pada siang hari asap tiba-tiba pekat, namun kembali tipis karena tertiup angin. Namun kabut asap terlihat dengan jelas, dan telah membuat warga cukup was-was untuk keluar rumah menghindari batuk dan mata perih. ( isa )

Berita Lainnya

Index