Kadis Tanaman Pangan : Musim Tanam Padi 2014/2015 di Kuansing Sudah Dimulai

Kadis Tanaman Pangan : Musim Tanam Padi 2014/2015 di Kuansing Sudah Dimulai
Salah satu areal pertanian di desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Kepala Dinas Tanaman Pangan (Distangan) Kabupaten Kuantan Singingi, Ir H Maisir menyampaikan, bahwa musim tanam padi untuk tahun 2014/2015 sudah dimulai. Saat ini, mayoritas petani yang tersebar di seluruh kecamatan sudah memulai melakukan proses penanaman, seperti menyemai dan menanam.

"Sudah, September ini sudah kita mulai menanam untuk musim tanam 2014/2015, seperti petani kita di Hulu Kuantan dan Seberang Taluk Kuantan sudah menanam," kata Maisir saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/9/2014 lalu.

Memasuki musim tanam tahun ini, pihaknya melalui penyuluh dan kepala UPTD pertanian terus melakukan pendampingan terhadap para petani di seluruh kecamatan, sehingga diharapkan mereka tepat waktu dalam menanam.

"Seluruhnya sudah bergerak ke lapangan. Rata-rata petani kita mulai dari Hulu Kuantan sampai Cerenti sudah mulai menanam," katanya yang berharap hasil produksi padi di daerah ini meningkat.

Sesuai target, kata Maisir, pihaknya merencanakan, seluruh petani sudah menanam padi pada Oktober. Diakui, bahwa ada sejumlah petani yang akan melakukan penanaman pada Oktober tersebut, seperti di Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang dan Pangean.

"Selebihnya, Insya Allah akhir September ini sudah mulai menanam, karena paling lambat awal Oktober petani kita sudah mulai menanam," kata mantan Sekretaris DPRD Kuansing ini.

Penanaman ini disadari Maisir, tidak terlepas dari dukungan program sekolah lapang pertanian terpadu (SLPTT) di atas lahan 2.140 hektar. Dalam mendukung ini pula, pihaknya akan membantu pupuk organik dan pupuk jenis NPK.( utr )

Berita Lainnya

Index