SMKN 2 Teluk Kuantan Jadi SMK Rujukan Nasional

Sabtu,30 Agustus 2014 - 11:53:00 WIB
Share Tweet Google +

Teluk Kuantan- Prestasi membanggakan tingkat nasional kembali diperoleh SMKN 2 Teluk Kuantan setelah tahun 2012 terpilih sebagai sekolah Adiwiyata nasional. Dan tahun 2014 ini SMKN 2 Teluk Kuantan ditunjuk menjadi SMK rujukan oleh Direktorat pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) di provinsi Riau.  

Kepala SMKN 2 Teluk Kuantan, Drs Arman Yulis, MM kepada  Kuansing terkini, Sabtu (29/8) mengatakan terpilihnya SMKN 2 Teluk Kuantan sebagai SMK rujukan sangat membanggakan karena banyak kriteria yang harus dipenuhi SMK supaya bisa ditetapkan menjadi SMK rujukan. Diantaranya adalah memiliki siswa lebih dari seribu orang. Kemudian jumlah guru produktif lebih dari 75 orang, lahan yang siap dikembangkan seluas lebih dari 5.000 meter persegi, serta memiliki jaringan kerjasama dengan seratus industri.

Ditambahkan Arman Yulis, Syarat berikutnya adalah fasilitas sarana pembelajaran yang baik, letak sekolah strategis, kinerja baik termasuk di ujian nasional (unas), dan menguasi dua bahasa asing. Selain itu,  sekolah-sekolah yang ditetapkan menjadi SMK rujukan ini nantinya tidak hanya mencerdaskan siswanya sendiri. Tetapi mereka dituntut untuk memiliki lima sampai enam unit SMK aliansi. Sekolah-sekolah aliansi itu boleh memanfaatkan sumberdaya yang ada di SMK rujukan induknya

“SMKN 2 Teluk Kuantan telah memenuhi beberapa syarat teresebut, walaupun masih ada  sebagian tidak mencukup seperti minimnya guru produktif. Selasa (2/9)  saya diundang untuk presentasi Direktorat pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan Nasional untuk memaparkan kesiapan SMKN 2 Teluk Kuantan” ujar mantan kepala SMK Benai ini.

Menurut Arman Yulis, ditunjuknya SMKN 2 Teluk Kuantan sebagai SMK Rujukan, menunjukkan bahwa SMKN 2 Teluk Kuantan telah diakui secara nasional sebagai lembaga SMK yang berprestasi. Karena itu,  dengan penunjukan ini, prestasi harus ditingkatkan sehingga dapat menjadi barometer prestasi suatu lembaga sekolah dan pantas menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lain disekitarnya, baik sesama SMK, SMA, MA, SMP, MTs, dan satuan pendidikan lainnya. Beliau juga berharap SMKN 2 Teluk Kuantan, yang terpilih sebagai SMK Rujukan ini dapat menjadi pioner dalam hal pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Kuantan Singingi, serta dengan penuh keikhlasan mau berbagi prestasi kepada satuan pendidikan lainnya.

Saat ini SMKN 2 membina sekitar 1.300 siswa, dengan 86 tenaga pendidik dan kependidikan. Jurusan keahlian yang di miliki ada lima  yaitu, Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Akomodasi perhotelah (AKP) Pemasaran dan Administrasi Perkantoran. Dengan kondisi tersebut SMKN 2 Teluk Kuantan merupakan sekolah terbesar di Kuantan Singingi, apalagi tahun depan aknn membuka dua jurusan baru.(Ismada)

 

 


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT