Bupati Kuansing Sumbangkan Rp15 Juta untuk Jalur Siposan Rimbo

Bupati Kuansing Sumbangkan Rp15 Juta untuk Jalur Siposan Rimbo

TELUK KUANTAN- Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis menyumbangkan dana sebesar Rp15 juta kepada jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilannya meraih juara pertama pada festival pacu jalur tradisional tingkat nasional tahun 2014.

Sumbangan tersebut diberikannya secara langsung kepada pengurus jalur Siposan Rimbo melalui acara syukuran dan silaturrahmi jalur Siposan Rimbo, di Desa Pauh Angit Pangean, Kamis malam (28/8/2014).

Dan yang lebih diapresiasinya lagi adalah keberhasilan jalur Siposan Rimbo memupuskan harapan jalur andalan dari Kabupaten Indragiri Hulu, Untung Bertuah untuk mempertahankan Piala Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI. Akhirnya, jalur Siposan Rimbo berhasil menjadi pahlawan Kabupaten Kuantan Singingi dengan kembali membawa piala bergilir tersebut ke negeri jalur.

"Atas nama pribadi, dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada jalur Siposan Rimbo yang telah berhasil membawa pulang ke Kuansing piala bergilir dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI tahun 2014, karena selama tahun 2013 lalu piala ini dipegang oleh jalur dari Inhu," kata Bupati Sukarmis.

Wujud keberhasilan jalur Siposan Rimbo mematahkan dominasi jalur Inhu dari perebutan tahta tertinggi di even pacu jalur, Bupati H Sukarmis menyumbangkan dana sebesar Rp15 juta untuk pembinaan jalur Siposan Rimbo RAPP. "Saya menyumbangkan Rp15 juta untuk Siposan Rimbo," katanya.

Keberhasilan jalur Siposan Rimbo merebut juara pertama pada pacu jalur tahun ini, menurutnya, tidak hanya menjadi kemenangan masyarakat Pangean, namun merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi. "Siposan Rimbo tidak hanya menjadi pahlawan dari Pangean, namun merupakan pahlawan dari Kuansing," ujarnya.

Sejak piala bergilir itu berada di haluan jalur Untung Bertuah dari Inhu, Ia memang optimis jalur dari Pangean dan Kuantan Hilir bisa merebutnya. Pasalnya, jalur-jalur dari dua kecamatan inilah yang benar-benar memiliki kekompakkan untuk merebutnya. "Alhamdulillah, Siposan Rimbo mampu menjadi yang terbaik," katanya.

Kedepan, orang nomor satu di Kuansing ini berharap, supaya masyarakat dan juga atlit jalur Siposan Rimbo terus menjaga kekompakkan, persatuan dan kesatuan, dan yang tidak kala penting adalah laksanakan latihan serius. "Karena tanpa latihan, prestasi sulit diraih," katanya.

Selain Bupati H Sukarmis yang menyumbangkan dana kepada jalur Siposan Rimbo RAPP, PT RAPP yang menjadi sponsor jalur masyarakat Pauh Angit ini juga memberikan bonus sebesar Rp5 juta kepada jalur Siposan Rimbo yang telah berhasil keluar sebagai juara pertama pada tahun ini.

"Terima kasih atas bonus yang telah diberikan PT RAPP kepada jalur Siposan Rimbo. Kami berharap, kepeduliaan dan perhatian terhadap pacu jalur ini harus terus ditingkatkan," ujar Sukarmis.(Utr)

Berita Lainnya

Index