DPRD Setujui RAPBD-P 2014 Kuansing

DPRD Setujui RAPBD-P 2014 Kuansing

TELUK KUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuantan Singing akhirnya menyetujui Ranperda APBD Perubahan 2014 sebesar Rp 1,5 Triliun menjadi APBD-P 2014 dalam sidang paripurna yang digelar, Selasa ( 26/8/2014) siang di Gedung DPRD Kuansing.

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muslim, dihadiri langsung oleh Bupati Kuansing H Sukarmis, beserta unsur Muspida, Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, Asisten, Kadis, Kaban dan undangan lainnya.

Sebelum memberikan persetujuan, Badan Anggaran  ( Banggar ) DPRD Kuansing terlebih dahulu menyampaikan hasil laporan pembahasan Banggar dengan tim anggaran pemerintah daerah ( TAPD ) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) lainnya.

Dalam laporan Banggar yang disampaikan Musliadi, S.Ag, Banggar menyampaikan kepada Pemkab Kuansing untuk menunda kegiatan yang tidak menjadi prioritas, salah satunya kegiatan di Badan Kesbangpol yang dianggap tidak relevan seperti kegiatan pemantauan situasi pasca Pilpres.

" Untuk kegiatan-kegiatan yang dianggap tidak skala prioritas, Banggar minta ditunda pelaksanaannya dan dilaksanakan tahun 2015 mendatang,"ujar Musliadi.

Banggar juga menyatakan, APBD-P 2014 tidak didominasi oleh anggaran perjalanan dinas semata, dan mengalokasikan dana-dana kegiatan yang dapat dilaksanakan mejelang tutup tahun anggaran 2014, seperti rehab kantor  dan pengadaan meubiler.

Namun untuk kegiatan seperti rehab dan pengadaan meubiler, pasca disahkannya APBD-P 2014, SKPD terkait segera melaksanakan kegiatan, apalagi kegiatan seperti ini merupakan kegiatan penunjukkan langsung ( PL ).

Disamping itu ujarnya, Banggar juga meminta Pemkab Kuansing khususnya Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk menggesa penuntasan proyek tiga pilar yakni hotel, pasar modern dan kampus UNIKS, mengingat tahun anggaran 2014 akan segera berakhir.

" Banggar minta agar Dinas CKTR benar-benar melakukan pemantauan dan evaluasi bersama rekanan, agar kegiatan ini tuntas tahun 2014 dan tidak dilanjutkan tahun 2015 sebagaimana janji pemerintah daerah,"ujarnya.

Disamping itu Banggar juga meminta Dinas Pendapatan Daerah sebagai koordinator penerimaan daerah untuk meningkatkan koodinasi dengan SKPD dan DPRD dalam rangka lebih memaksimalkan penerimaan PAD. Dengan demikian kendala-kendala yang ditemui Dispenda dapat dicarikan solusinya.

Selanjutnya, kepada Pemab Kuansing, DPRD meminta setelah dievaluasi Gubernur Riau, APBD-P dibahas lagi bersama DPRD Kuansing, karena hal tersebut memang aturan yang ada. Dengan demikian, DPRD juga mengetahui hasil evaluasi dan kembali memantapkan hasil evaluasi Gubernur Riau terhadap APBD,"ujarnya.

Sementara Bupati kuansing H Sukarmis, menyatakan terimakasih kepada DPRD Kuansing yang telah memberi persetujuan RAPBD -P 2014 menjadi APBD-P 2014, untuk selanjutnya draft akan segera dikirim ke Gubernur Riau.

" Terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kuantan Singingi yang telah bekerja keras membahas APBD- 2014 siag dan malam. semoga menjadi amal ibadah Kita dalam melaksanakan amanah masyarakat,"pungkasnya. (Isa/utr)

Berita Lainnya

Index