Dihadiri Gubri Anas Mamun, Pembukaan Event Pacu Jalur 2014 Di Kuansing Diwarnai Hujan Lebat

Dihadiri Gubri Anas Mamun, Pembukaan Event Pacu Jalur 2014 Di Kuansing Diwarnai Hujan Lebat
Gubi H Anas Ma'amun memberi pendayung kepada pemacu di pembukaan pacu jalur 2014. ( ktc )

TELUK KUANTAN- Kendati cuaca kurang bersahabat akibat hujan deras yang mengguyur kota Teluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi pada Kamis (21/8/2014) siang, namun acara pembukaan event nasional tradisi pacu jalur tahun 2014 oleh Gubenur Riau, H Anas Mamun di Lapangan Limuno Teluk Kuantan tetap berjalan lancar dan meriah.

Kedatangan Gubenur Riau Anas Mamun bersama rombongan dengan menggunakan helikopter, sempat tertunda beberapa jam akibat cuaca buruk. Sehingga Gubri yang datang bersama istri dan para unsur muspida Provinsi Riau yang diantaranya Danrem 031/Wb Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kajati Riau Setya Untung Arimuladi, Kepala Pengadilan Tinggi Pekanbaru Yohannes Ether SH MHum dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Riau yang semula dijadwalkan tiba di lokasi acara pada pukul 10:00 WIB, akhirnya molor hingga pukul 11:30 WIB.

Akibat keterlambatan ini, sejumlah rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh panitia pada pembukaan tersebut terpaksa harus ditiadakan seperti beberapa pertunjukan tari-tarian dan pawai kebudayaan yang diikuti oleh 15 Kecamatan se-Kuansing.

Namun demikian, hal itu tidak mengurangi antusias masyarakat Kuansing untuk menyaksikan acara pembukaan tersebut terutama dalam menyambut kedatangan Gubri Anas Mamun bersama rombongan.

Bupati Kuansing, H. Sukarmis dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi pacu jalur merupakan pesta rakyat masyarakat Kuantan Singingi yang diselenggarakan setiap bulan Agustus dalam rangka memeriahkan HUT RI. Dan tahun ini katanya, meskipun diwarnai guyuran hujan, namun tidak mengurangi antusias masyarakat dalam memeriahkan kegiatan ini.

Disamping itu, Bupati juga menghimbau masyarakatnya agar tetap menjaga persatuan dan kekompakan."Sesuai dengan motto kita "Besatu nagori maju","ujar Sukarmis.

Selain itu, dihadapan Gubenur Riau dan tamu undangan lainnya, Bupati H Sukarmis juga menyampaikan program-program pembangunan baik yang telah dicapai maupun yang tengah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kuansing dibawah pemerintahaannya."Saat ini kami Pemkab Kuansing sedang giat-giatnya membangun, baik membangun infrastrukur maupun membangun Sumber Daya Manusianya,"ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga sangat berharap dukungan penuh dari Pemerintah provinsi Riau khususnya kepada Bapak Gubenur dalam membangun kabupaten Kuansing.

Sementara itu, Anas Mamun dalam sambutannya mengatakan bahwa budaya pacu jalur bukan hanya milik masyarakat Kuansing akan tetapi sudah milik masyarakat Riau bahkan masyarakat Indonesia.

Meskipun baru pertama kali mengadiri acara pacu jalur ini, namun Anas Mamun mengaku sudah sejak dulu telah mendengar bagaimana gaungnya event ini. Untuk itu selaku Gubenur, dirinya berjanji akan meningkatkan pelaksanaan pacu jalur ini untuk tahun-tahun berikutnya.

"Tradisi ini sungguh luar biasa, ribuan orang stiap tahunnya hadir di sini untuk menyaksikan acara ini, untuk itu, tahun-tahun kedepan harus kita tingkat lagi, kalau perlu tahun depan kita undang negara-negara kita seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Brunei Darusalam dan negara-negara tetangga lainnya untuk ikut berpartisipasi pada acara ini,"ungkapnya.

Usai memukul gong tanda dibukanya secara resmi event pacu jalur 2014, Gubri juga menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemprov Riau untuk pelaksanaan pacu jalur tersebut yang diserahkan langsung kepada Bupati Kuansing. Setelah itu, Gubri juga menyerahkan piala bergilir dari Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI yang akan diperebutkan kembali tahun ini kepada Bupati Kuansing.

Selanjutnya, dengan didampingi Bupati, Gubri bersama rombongan menuju pancang star untuk melakukan pelepasan jalur yang berpacu dan kemudian menuju tribune pancang finish untuk menyaksikan pacu jalur dihari pertama ini.

Dihari pertama ini, sebanyak 146 buah jalur yang berasal dari Kabupaten Kuansing, Inhu dan beberapa buah jalur dari Kabupaten tetangga lainnya akan berpacu di gelanggang pacuan tepian narosa Teluk Kuantan. Pelaksanaan pacu jalur ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu sampai tanggal 24 Agustus.

Selain Gubri dan rombongan, pada acara pembukaan ini juga tampak hadir Wakil Bupati dan Wakil Walikota se provinsi Riau serta beberapa kepala daerah dari provinsi tetangga.( Utr/Pen/Yus)

Berita Lainnya

Index