Anggota Paskibra Kuansing saat menunaikan tugas mulia mengibarkan bendera merah putih. ( ktc )

Peringatan HUT RI di Kuansing Berlangsung Khidmat

Senin,17 Agustus 2014 - 05:06:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan tingkat kabupaten Kuantan Singingi, Minggu ( 17/8/2014 ) pagi  di lapangan Limuno Teluk Kuantan berjalan dengan khidmat. Cuaca cerah dari pagi hingga siang membuat rangkaian peringatan detik-detik proklamasi berjalan dengan khidmat. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati H Sukarmis dan Komandan Upacara AKP Syaiful yang juga Kasat Intelkam Polres Kuansing.

Hadir pada upacara ini Ketua DPRD Muslim, Kajari Teluk Kuantan Andi Dharmawangsa, Kapolres AKBP Bayuaji Irawan, S.Ik, Pabung Kodim Inhu Mayor ( Inf ) Andri Suhardi, Sekda Drs H Muharman, M.Pd, Kepala Kantor Kemenag, Pimpinan Bank, Asisten, Kadis, Kaban, Kepala Satuan, Direktur RSUD, pimpinan Parpol, OKP, oranisasi profesi, tokoh masyarakat, tokoh agama.

Tidak hanya para pejabat baik sipil, TNI dan Polri, warga juga banyak menyaksikan kegiatan ini, terutama untuk melihat anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibra ) melaksanakan tugasnya menaikan bendera sang saka merah putih.

Tepat pukul 10.00 WIB pagi, raungan sirine yang menambah kekhusyukan upacara dibunyikan beberapa menit. Setelah itu Ketua DPRD Kuantan Singingi, Muslim, S.Sos langsung membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan yang dulu dibacakan Proklamator Ir Soekarno dan Hatta.

Usai pembacaan teks naskah proklamasi dilanjutkan dengan pengibaran sang saka merah putih oleh anggota Paskibra. Seremonial pengibaran bendera sang saka merah putih mendapat perhatian luas dari peserta upacara dan warga, melihat kemampuan remaja putra dan putri Kuansing yang didampingi anggota Polisi dan TNI menunaikan salah satu tugas yang cukup mulia itu.

Warga cukup berdebar-debar saat Sinta Rizola siswi SMAN Pintar asal kecamatan Hulu Kuantan menerima bendera dari Inspektur Upacara Bupati Sukarmis di panggung kehormatan dan kembali ke lapangan untuk mengibarkan sang saka merah putih. Namun tugas tersebut berjalan dengan baik hingga sang saka merah putih berkibar ditiang bendera.

Usai pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera sang saka merah putih sebagai rangkaian utama upacara peringatan detik-detik proklamasi, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan para veteran dan mantan pejuang angkatan 1945 Kuansing di Pendopo Lapangan Limuno Teluk Kuantan.

Dalam kesempatan ini Bupati Kuansing H Sukarmis menyapaikan ucapan terimakasih negara dan bangsa atas dedikasi para veteran 45 atas jasa-jasa mereka dalam merebut kemerdekaan RI sehingga Indonesia merdeka seperti saat ini.

Usai ramah tamah dengan veteran pejuang angkatan 1945, acara dilanjutkan dengan pemberian remisi yang diberikan kepada narapidana dalam rangka hari Kemerdekaan RI ke-69 di Cabang Rutan Teluk Kuantan yang ada dibelakang lapangan Limuno Teluk Kuantan. ( isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

PMI Kuansing Gelar Pelatihan PMR

Selasa,16 Desember 2013