Pacu jalur rayon IV hari pertama di Tepian Datuak Bandaro Lelo Budi desa Pulau Godang Kari. (ktc )

Hilir Banyak Diulang, 27 Jalur Melaju kehari Kedua, MOP dan Lintah Jalang Diunggulkan Jadi Juara

Rabu,12 Agustus 2014 - 06:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - 27 buah jalur melaju kehari kedua ajang pacu jalur kecamatan Rayon IV yang dimulai di Tepian Datuak Bandaro Lelo Budi desa Pulau Godang Kari, Selasa ( 12/8/2014 ) siang hingga sore. 27 buah jalur yang melaju tersebut terdiri dari 1 jalur yang mendapat undian bay dan 26 buah jalur yang berhasil mematahkan para pesaing mereka dihari pertama.

Pacu jalur hari pertama dihadiahi banyak pacu jalur ulangan, sebab banyak hilir yang gagal dilepas panitia akibat haluan jalur saaat berada dipancang start tidak sama, sehingga perwakilan jalur yang ada di tirbun hakim pancang start tidak menjatuhkan bendera merah tanda dimulainya pacu. Rata-rata hilir yang diulang sebanyak dua kali, namun ada juga yang sampai empat kali sehingga harus dilakukan start gantung.

Disamping itu akibat air yang dangkal yang membuat arena menjadi sempit, saat berada  dipancang ketiga terdapat sejumlah jalur yang hampir beradu pengayuh. Untuk menghindari benturan tak jarang para pemacu menghentikan menggerakan pengayuh ( kayuah ).Pada pacu jalur hari kedua kondisi ini harus diperbaiki sehingga tidak merugikan jalur yang sedang berpacu.

Sementara itu pecandu pacu jalur tampak sangat antusias menyaksikan hilir-hilir jalur unggulan. Seperti Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau, saat hilir warga terlihat bersorak berharap jalur Pendekar Sorak Kuantan dari desa pulau Rengas Pangean memberi perlawanan. Namun warga terkagum dengan ketangguhan jawara III pacu jalur Rayon III saat berhasil meninggalkan lawannya.

Begitu juga dengan jalur Lintah Jalang juga membuat decak kagum para pecandu pacu jalur yang hadir saat itu. sang jawara pacu jalur rayon II dengan mudah menaklukkan perlawanan jalur Singa Ngarai dari desa Pulau Kalimantiang kecamatan Benai. Paa pecandu yang hadir dihari pertama banyak memprediksi jika kedua jalur ini tidak bertemu pada hari kedua, akan bertemu dipartai final.

Selain kedua jalur ini jalur Linggarjati BIntang Kirana dari desa Pulau Kumpai Pangean juga diprediksi menjadi jawara disamping jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Kampung Baru kecamatan Gunung Toar. Begitu juga dengan jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang dari desa Pulau Kedundung Kuantan Tengah termasuk Siluman Buayo Danau dari desa Sitorajo Kari Kuantan Tengah yang juga tampil mengesankan.

Jalur-jalur lain yang tampil memukau pada hari pertama diantaranya Tapak Gorakkan Sungai Gorakkan dan Pendekar Panjang  Bukik Siguntur dari desa Pisang Berebus kecamatan Gunung Toar, Toduang Kuantan dari desa  Tanah Bekali kecamatan Pangean dan Batu Lompatan Harimau Kompe dari desa Kinali kecamatan Kuantan Mudik.

Sementara itu 27 jalur yang melaju ke hari kedua tersebut masing-masing Delima  Indah Permata  Kuantan dari desa Saik kecamatan Kuantan  Mudik, Buayo Danau dari desa Bandar Alai Kari kecamatan Kuantan Tengah, Bintang  Muda Canang Nagori dari desa Seberang Sungai kecamatan GunungToar, Linggar Jati Bintang Kirana dari desa Pulau Kumpai kecamatan Pangean, Tapak Godang  Sungai Gorakkan dari Gunung Toar, Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari desa  Pisang Berebus kecamatan Gunung Toar, Panglimo Ratu Pinang Masak dari desa Teberau Panjang kecamatan Gunung Toar, Giriang-griang Rimbo Putri Maimbau dari desa Jaya Kecamatan  Kuantan Tengah, Arjuna dari desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah dan Power  Agung dari desa Koto Gunung kecamatan  Gunung Toar.
Selanjutnya jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari desa Pebaun Hilir kecamatan Kuantan Mudik, Toduang Kuantan dari desa Tanah Bekali kecamatan Pangean, Soriak  Sarumpun Tolang Batutu dari desa Pulau Binjai kecamatan uantan Mudik, Garuda Baru dari desa Pulau Mungkuar kecamatan Gunung Toar, Pendekar Kuniang dari desa Pebaun Hulu kecamatan Kuantan Mudik, Lintah Jalang dari desa Petapahan kecamatan Gunung Toar, Duri Bingkuang  Rawang Panjang dari desa Pulau Kedundung kecamatan Kuantan Tengah, Lotusan Bodial Patah Danau Batuah dari desa Pulau Baru Kopah kecamatan Kuantan Tengah, Panglimo Sati dari desa Toar kecamatan Gunung Toar dan  Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah kecamatan Kuantan Hilir.
Seterusnya jalur Tuah Koghi Dubalang  Ghajo dari desa Pintu Gobang kecamatan Kuantan Tengah, Simpati dari desa Pulau Aro kecamatan Kuantan Tengah, Batu Lompatan Harimau Kompe dari desa Kinali kecamatan Kuantan Mudik, Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari desa Kampung Baru kecamatan Gunung Toar, Siluman Buayo Danau dari desa Sitorajo Kari dan Putri Kayantgan Rawang Godang dari desa Seberang Taluk Hilir kecamatan Kuantan Tengah serta Kibasan Gajah Putiah dari desa Tebing Tinggi kecamatan Benai yang mendapat undian bay.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT