Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Besok, Sembilan Jalur Bakal Adu Cepat Raih Sang Jawara Rayon III

Sabtu,08 Agustus 2014 | 07:41:00   Dibaca: 2063 kali
Besok, Sembilan Jalur Bakal Adu Cepat Raih Sang Jawara Rayon III
Ket Foto : Salah satu hilir yang sengit di pacu jalur rayon III di Tepian Lubuak Sobae Baserah. ( ktc )


BASERAH - Sembilan jalur berhasil melaju ke hari final, mereka akan bertarung habis-habisan untuk memperoleh mahkota sang jawaran even pacu jalur rayon III Kabupaten Kuantan Singingi, yang dilaksanakan di Tepian Lubuak Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Sabtu (9/8/2014) i.

Sembilan jalur yang melaju ke terakhir tersebut setelah berhasil mengandaskan perlawanan lawan-lawannya pada hari kedua, yang berlangsung Jumat (8/8/2014) di tempat yang sama. Dari 11 kecamatan yang sebelumnya mengutus jalur , pada babak final tersisa utusan 5 kecamatan.

Dari 9 jalur, Gunung Toar hanya menyisakan satu jalur, Pangean menyisakan 3 jalur, Kuantan Hilir juga menyisakan sebanyak 3 jalur, Kuantan Hilir Seberang menyisakan sebanyak satu jalur dan satu jalur lagi berasal dari Peranap Inhu.

Sebanyak 34 jalur yang berpacu pada hari kedua kemarin, berpacu sebanyak dua putaran. Putaran pertama diikuti sebanyak 34 jalur, lalu tersisih sebanyak 17 jalur, dan 17 jalur yang berhasil menang pada putaran pertama kembali berpacu pada putaran kedua. Dari hasil pacu putaran kedua, sebanyak 9 jalur berhasil melaju ke hari final, hari ini.

Jalur pertama yang memastikan diri lolos ke hari final adalah sang jawara nasional tahun 2012 lalu, yakni jalur Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai Pangean, setelah pada putaran kedua hari kedua jalur ini berhasil mendapat undian menang tanpa ada lawan alias menang by.

Selain jalur Linggar Jati, jalur lainnya berhasil melaju ke hari final adalah jalur Linta Jalang dari Petapahan Gunung Toar, Ombak Nyalo Simutu Olang dari Pulau Tengah Pangean, Upae Saghok Ghimbo Dusun dari Baserah, Raja Laut dari Sungai Soriak Kuantan Hilir Seberang, Purnama Indah Rantau Sialang dari Peranap Inhu.

Selanjutnya, diikuti jalur Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau Kuantan Hilir, Siposan Rimbo dari Pauh Angit Pangean dan Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madinah Kuantan Hilir.

Sejumlah jalur unggulan gagal melaju ke hari final, antara lain jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Kampung Baru Gunung Toar yang ditundukkan jalur Siposan Rimbo. Lalu, sang runner up pacu jalur rayon I Inhu di Peranap, yakni jalur Kuntum Putri Cempaka dari Kampung Medan Kuantan Hilir yang juga ditaklukkan oleh jalur pemegang piala bergilir rayon III Kuansing, Siposan Rimbo.

Selanjutnya, jalur unggulan lain yang tumbang pada hari kedua adalah jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Pulau Kedundung Kuantan Tengah yang dihempaskan jalur Raja Laut dari Kuantan Hilir Seberang. Satu lagi jalur unggulan, jalur peringkat 7 even nasional tahun 2013 lalu yang tumbang adalah jalur Limo Piako Tuah Nagori dari Logas Tanah Darat. Jalur ini harus tunduk di haluan jalur Linggar Jati J-A RAPP dari Pangean.

Usai dihelatnya even pacu jalur hari kedua, Camat Kuantan Hilir, Yonsiswandri SIP mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan perhelatan pacu jalur rayon III ini. Diharapkan, even pacu jalur ini sukses hingga tuntas dihelat di Tepian Lubuak Sobae Baserah.

"Terima kasih kami ucapkan kepada panitia, pengurus jalur, dan atlit jalur serta semua masyarakat yang telah membantu suksesnya acara pacu jalur ini. Mari kita sukseskan hingga selesai," ajak Yonsis.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.