Andi Putra. ( ktc )

Direkom DPP dan DPD I, Golkar Bakal Usulkan Andi Putra Jadi Ketua DPRD Kuansing

Sabtu,25 Juli 2014 - 02:22:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pemilihan Ketua DPRD Kuansing bisa jadi satu setengah bulan lagi. Namun pencalonan Andi Putra, SH salah satu Caleg untuk DPRD Kuansing yang berhasil menembus angka bilangan pembagi pemilih ( BPP ) sebagai ketua DPRD Kuansing masa bakti 2014-2019 tampaknya bakal berjalan mulus. Andi Putra dimata DPP Partai Golkar dan DPD I Partai Golkar Riau sudah memenuhi tiga kriteria utama untuk dapat dicalonkan menjadi ketua DPRD.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD II Partai Golkar Kuansing, H Sukarmis kepada wartawan, Kamis ( 24/7/2014 ). " Sudah keluar rekomendasi dari DPP dan DPD I untuk pencalonan Andi Putra sebagai ketua DPRD,"ujarnya.

Sesuai AD/ART Partai Golkar ujarnya figur yang akan dicalonkanmenjadi Ketua DPRD baik kabupaten dan kota harus mendapat rekomendasi DPP dan DPD I. Tiga kriteria utama ujarnya minimal pendidikan sarjana ( S1 ), pernah menjadi Ketua atau anggota DPRD, berhasil meraih suara BPP pribadi dan sejumlah kriteria lain.

" Kalau Andi Putra sudah sarjana, sudah dua kali menjadi anggota DPRD, yakni periode 2009-2014 dan Insya Allah periode 2014 - 20119 kalau nanti sudah dilantik, Andi Putra juga kader Golkar yang berhasil meraih angka BPP pribadi untuk DPRD Kuansing, tidak hanya dari  Golkar namun untuk semua Caleg yang duduk,"ujarnya.

Menurut Sukarmis, sebelumnya dalam rapat DPD II Partai Golkar sudah membuka peluang yang sama untuk semua kader terutama Caleg yang lolos untuk dicalonkan menjadi ketua DPRD, karena untuk hal ini Golkar memiliki banyak kader yang mumpunI, mulai dari Muslim, Komprensi dan Andi Cahyadi dan kader lainnya. Kader-kader tersebut  juga sudah diminta kesiapan menjadi calon sebelum keluar rekomendasi DPP dan DPD I.

Ketua DPRD Tetap Jatah Golkar Kuansing

Disinggung mengenai pemberlakukan UU MPR, DPD, DPR dan DPRD, Sukarmis tidak berpengaruh ke sistem dan tata pencalonan untuk pimpinan DPRD Provinsi dan kabupaten kota, dan revisi UU tersebut hanya untuk tata cara pemilihan pimpinan DPR.

" Kita sudah konsultasi ternyata untuk mekanisme pemilihan pimpinan DPRD tetap seperti semula, ketua untuk pemenang Pemilu dan wakil ketua I dan wakil ketua II untuk pemenang kedua dan ketiga,"ujarnya.

Namun demikian, jika terjadi lagi perubahan UU mengenai mekanisme pemilihan pimpinan, Golkar Kuansing siap menempatkan kadernya untuk Ketua DPR Kuansing. " Tentu Kita akan bekerjasama dengan Parpol lain yang telah terbina selama ini,"pungkasnya.

Jika Andi Putra lolos menjadi Ketua DPRD, memang cukup menarik. Dirinya akan menjadi Ketua DPRD kabupaten dan kota termuda di Riau dan secara nasional. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT