Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

9 Rumah Warga di Kampung Baru Pasar Teluk Kuantan Ludes Terbakar

Rabu,16 Juli 2014 | 05:29:00   Dibaca: 2426 kali
9 Rumah Warga di Kampung Baru Pasar Teluk Kuantan Ludes Terbakar
Ket Foto : Kobaran api saat melalap rumah di perumahan kampung baru kelurahan Pasar Teluk Kuantan. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - 9 unit rumah warga di Perumahan Kampung Baru Pasar tepatnya di belakang Rutan Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Rabu (16/7/2014) ludes dilalap sijago merah.

Kebakaran hebat yang terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, mengejutkan warga Teluk Kuantan sekitarnya. Namun beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Sejak api berkobar, petugas pemadam kebakaran dan warga berjuang sekitar 2 jam untuk menghanguskan 9 unit rumah warga di perumahan itu. Selain mobil Damkar, warga dengan menggunakan ember berusaha semaksimal mungkin memadamkan api agar tidak semakin berkobar ke rumah lain dikawasan padat itu.

Namun tidak banyak yang bisa diselamatkan oleh warga yang menjadi korban kebakaran, hanya sebagian kecil dari harta yang dimilikinya bisa diselamatkan. Bahkan korban hanya bisa menyelamatkan pakaian yang terpasang di badan mereka. Karena api demikian cepat membumbung dan meludeskan rumah-rumah warga.

Sembilan rumah yang ludes terbakar itu, antara lain milik Damwil, Daswir, Silan, Siros, Jasmi Kasim, Bujang Adek, Bujang dang H Makmur. Mereka hanya pasrah melihat rumahnya perlahan-lahan digerogoti sijago merah hingga akhirnya tiada yang tersisa selain jiwa dari para pemilik.

"Kita hanya bisa pasrah dengan kejadian ini, karena memang ini adalah musibah yang harus membuat kita sabar," kata salah seorang korban H Makmur kepada wartawan, usai peristiwa tersebut.

Ia tidak mengira sebelumnya, bahwa akan terjadi kebakaran di lingkungan perumahan ini. "Sekarang tak bisa kita menyalahkan siapa-siapa dari kejadian ini, karena bagaimanapun ini sudah terjadi," katanya pasrah.

Akibat kerugian ini, Ia mengaku tidak banyak bisa menyelamatkan barang-barang berharga miliknya. "Tidak banyak barang yang bisa diselamatkan, semuanya barang berharga habis," katanya lagi.

Daswir juga mengungkapkan hal yang sama. Ia juga tidak menyangka akan terjadi musibah kebakaran ini. Akan tetapi dirinya dan keluarga mengaku hanya pasrah dan berserah kepada Tuhan. "Bagaimana lagi, Kita hanya pasrah," katanya singkat.

Sementara Camat Kuantan Tengah, Drs H Masran Abdullah yang dikonfirmasi menyatakan keprihatinannya atas musibah yang menimpa warganya. Saat ini, pihaknya telah mendirikan tenda yang diperbantukan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing untuk menginap sementara.

Selanjutnya, pihaknya dari kecamatan tengah mendata total kerugian yang dialami korban untuk dapat kiranya bantuan dari pemerintah. "Ya, untuk meringankan beban mereka, tentu kita usulkan kepada pemerintah supaya dapat bantuan," katanya.

Sedangkan Kapolres Kuansing AKBP Bayuaji Irawan SH SIK melalui Kasubag Humas Polres Ipda Musabi mengakui adanya sembilan unit rumah warga Teluk Kuantan yang ludes dilalap sijago merah. Terkait penyebab, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan. "Sekarang kita selidiki apa penyebabnya," katanya.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.