Goro massal warga desa Koto Sentajo diareal pemakaman jelang masuknya puasa. ( ktc )

Jelang Puasa, Warga Bersih Makam dan Ziarah Kubur

Rabu,25 Juni 2014 - 09:07:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Jelang masuknya bulan puasa atau Ramadhan 1435 Hijriah, warga masyarakat semakin intens mendatangi lokasi pemakaman. Selain membersihkan kawasan makam, sekaligus berziarah dan mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia.

Meningkatnya jumlah peziarah terlihat di kawasan pemakaman yang ada di kota Teluk Kuantan, seperti pemakaman tanah wakaf di samping SMAN 1 Teluk Kuantan, pemakaman Tobek Sontual Koto Teluk Kuantan, Tobek Godang samping Indrako Swalayan dan  pemakaman lain yang ada di desa-desa diseluruh Kuansing.

Kedatangan peziarah ada yang seorang diri namun sebagian besar berkelompok bersama keluarga besar mereka. Mereka terlihat membersihkan rumput yang ada diatas dan sekitar makam keluarga tercinta mereka. Ada juga yang membawa air untuk menyiram makam, setelah itu mereka berdoa agar arwah keluarga mereka diterima Allah SWT dan mendapat kelapangan dialam kubur.

" Ini bentuk kepedulian kepada keluarga , baik orang tua, saudara dan keluarga. Kita tidak pernah melupakan mereka, dan memberi mereka doa agar selamat dan diberi kelapangan, sekaligus dengan berziarah kubur Kita diingatkan suatu waktu Kita juga akan meninggal dunia dan sendiri didalam kubur. Ini membuat Kita untuk selalu mengingat Allah SWT, "ujar Elriani warga kelurahan Simpang Tiga yang berziarah dikawasan Tobek Sontual dimakam almarhum ibunya, Rabu ( 25/6/2014 ).

Begitu juga di areal pemakaman desa Koto Sentajo kecamatan Sentajo Raya. Minggu ( 22/6/2014 ) lalu, warga desa tersebut melaksanakan gotong royong massal membersihkan areal makam. " Ini tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun menjelang masuk puasa. Banyak hikmah gotong royong membersihkan makan sambil ziarah. Ini tandanya ikatan keluraga dan kerabat tidak putus, yang telah mendahului Kita doakan, yang masih hidup agar mengambil hikmah dari ziarah kubur ini,"ujar Yusman warga desa tersebut. ( isa/yus )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Bupati Lantik Lima Kades di Kecamatan Benai

Minggu,15 Desember 2019
Sosial & Agama

Besok Pagi, MH Gelar Pelantikan Pejabat

Minggu,22 Januari 2017