Penyuluh dan Petani Kuansing Diusulkan Jadi Teladan Tingkat Nasional

Penyuluh dan Petani Kuansing Diusulkan Jadi Teladan Tingkat Nasional
Ismail, PPL Teladan tingkat nasional saat bersalaman dengan Presiden SBY Tahun 2012 lalu. ( rpc/ktc

TELUK KUANTAN  -  Tahun 2014 ini, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Lapangan (THL-TB PPL) dan Petani Teladan diusulkan menjadi teladan tingkat nasional.


Mereka yan diusulan itu masing-masing Andi Jawaher, A.Md, sehari-hari bertugas sebagai penyuluh di Desa Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya yang masuk nominasi II Tingkat Provinsi Riau. Selanjutnya Ropelita Penyuluh THL-TB PPL diraih Ropelita, yang bertugas sebagai PPL Desa Pasar inuman Kecamatan Inuman yang masuk nominasi I Tingkat Provinsi Riau, dan Jofrinal Petani Teladan Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar yang masuk dalam nominasi I Tingkat Provinsi Riau.

" Alhamdulillah, tahun 2014 ini dua penyuluh dan petani Kuansing masuk nominasi tingkat Provinsi Riau, yang berarti ada peningkatan, Andi Jawaher dan Ropelita untuk PPL dan Jofrinal untuk petani teladan" ungkap Kadis Tanaman Pangan Kuansing, Ir. H. Maisir melalui Kepala Bidang Perlindungan Tanaman dan Penyuluh (Perlintanluh), Deflides Gusni, SP ketika dihubungi wartawan diruangkerjanya, Rabu (25/6/2014).

Menurutnya, PPL dan petani Kuansing yang diusulkan menjadi teladan tingkat nasional itu akan mengikuti verifikasi oleh tim dari kementrian Pertanian Juli mendatang. Mereka yang terpilih menjadi teladan dibidang masing-masing akan diikutsertakan mengikuti upacara HUT kermerdekaan RI (HUT KEMRI) di Istana Negara 17 Agustus mendatang, bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Budiono dan pejabat kementrian lainnya. 

" Kalau tahun lalu, Kuansing hanya memperoleh satu orang ke istana negara, atas nama Jusrian dari Seberang Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah," paparnya.

Menurutnya, penilaian terhadap penyuluh teladan menyangkut hal yang telah mereka lakukan dalam membina petani. “ Hasilnya seperti apa sudah bagus atau tidak dan apakah sudah dapat diterima oleh petani itu sendiri,”ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index