Wabup Gantikan Bupati Saat Bupati Umroh

Wabup Gantikan Bupati  Saat Bupati Umroh
Bupati Kuansing,H Sukarmis. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis mengakui, sesuai aturan Wabup Drs H Zulkifli, M.Si akan menggantikan dirinya selama cuti menunaikan ibadah umroh selama beberapa hari kedepan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sukarmis saat coffe morning dan silahturahmi dengan wartawan disela-sela menghadiri penandatangan MoU antara Pemkab Kuansing dengan tiga perusahaan terkait pengaspalan jalan Benai - RAPP, Minggu ( 22/6/2014 ) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

" Itu otomatis dan sesuai aturan memang demikian, jika Bupati cuci, maka wakil  kepala daerah menggantikan posisi kepala daerah, itu aturan,"ujar Sukarmis.

Hanya saja ujarnya, tugas-tugas yang akan diemban pengganti kepala daerah selama cuti  terbatas pada kegiatan operasional pemerintahan, seperti menandatangani surat-surat perintah tugas, rapat dan kegiatan rutin lainnya.Sedangkan menyangkut kebijakan pemerintahah, pembangunan dan yang lain tetap menjadi kewenangan kepala daerah dan pengambilan keputusan strategis tetap menunggu kepala daerah kembali bertugas.

Hal yang sama ujarnya akan diberlakukan selama Ia menunaikan ibadah haji pada tahun 2014 ini. " Alhamdulillah tahun ini Saya juga punya kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, jika ini terwujud selama menunaikan ibadah haji wakil kepala daerah juga akan menggantikan posisinya, itu aturan yang memang harus dilaksanakan,"ujar Sukarmis.

Namun ditegaskanya berulang, menyangkut kebijakan-kebijakan strategis dalam bidang pemerintahan, pembangunan, kepegawaian dan yang lain tetap berada dibawah wewenang kepala daerah, karena tugas pengganti hanya sebatas menangani persoalan operasional dan rutin pemerintah daerah.

" Saya kira untuk hal ini semua sudah tahu apalagi jajaran pemerintah, mulai dari pejabat pemerintah dari level tertinggi sampai ke bawah termasuk di Kuansing, mereka sudah faham masalah kebijakan strategis menjadi kewenangan kepala daerah,"ujarnya. ( isa /utr )

 

Berita Lainnya

Index