Dishut Temukan Pohon Gaharu Cendana di Hutlin Bukit Betabuh, Potensi Tingkatkan Pendapatan Warga

Dishut Temukan Pohon Gaharu Cendana di Hutlin Bukit Betabuh, Potensi Tingkatkan Pendapatan Warga
Pohon Gaharu Cendana yang ditemukan Dinas Kehutanan Kuantan di hutan lindung Bukit Betabuh. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Dinas Kehutanan ( Dishut ) Kuansing menemukan jenis pohon gaharu cendana. Penemuan tersebut akan ditindaklanjuti untuk dikembangkan mengingat potesi jeis tanaman gaharu cendana sangat besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat.
"Ada slogan terkenal yang membuktikan jenis tanaman ini sangat bernilai tinggi, yakni sudah gaharu cendana pula. Ada gaharu ada cendana yang sama-sama bernilai tinggi,"ujar Kadishut Kuansing, Dr Agus Mandar, M.Si diruang kerjanya, Senin ( 16/6/2014 ) .
Penemuan pohon gaharu cendana di hutan lindung Bukit Betabuh sebutnya, menandakan jenis tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang di alam Kuansing." Ini akan sangat prospektif untuk dikembangkan, karena bayangkan dalam satu pohon ada gaharu ada cendana yang sama-sama bernilai ekonomis sangat tinggi sekali,"ujar Agus Mandar.
Menurut Agus Mandar, jenis gaharu cendana yang ditemukan di hutan lndung Bukit Betabuh baru satu pohon. Dishut Kuansing akan terus mengiventarisir keberadaan gaharu cendana di hutan lindung tersebut dan di kawasan hutan lain yang ada di daerah ini.
" Yang jelas gaharu cendana dipastikan dapat tumbuh dan berkembang di Kuansing, ini prospek yang sangat cerah sekali bagi warga Kuansing,"ujar Agus Mandar.

Menurutnya pasca penemuan tersebut, selain menginventarisis jenis pohon ini dilahan lain, juga upaya mengembangkannya dilahan masyarakat. Karena itu upaya mempelajari penanaman pohon ini akan ditingkatkan melalui studi kepustakaan maupun ke pusat-pusat studi gaharu cendana yang sudah berkembang di Indonesia. ( isa )

Berita Lainnya

Index