Raih Beasiswa , Selain Dikuliahkan Tiga Siswa Kuansing Bakal Diterima Bekerja di PT RAPP

Raih Beasiswa , Selain Dikuliahkan Tiga Siswa Kuansing Bakal Diterima Bekerja di PT RAPP
Seleksi penerima beasiswa PT. RAPP belum lama ini. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Tiga siswa asal Kuantan Singingi (Kuansing ) berhasil merah beasiswa ikatan dinas kerjasama PT Riau Andalan Pulp and Paper( RAPP ) yang bekerjasama dengan Akademi Pulp dan Kertas ( ATPK ) Bandung dan Institut Pertanian Stiper ( INSTIPER ) Yogyakarta.
Hal tersebut disampaikan Media Relation Coorporate Communictions PT RAPP,  Disra Alldrick kepada wartawan, Rabu ( 11/6/2014 ). Ketiga siswa asal Kuansing tersebut masing-masing Zulkarnain dari SMA 1 Cerenti dan Riski Subandri dari SMAN 1 Singingi yang akan kuliah di INSTIPER Yogyakarta dan Nurhanisah siswa SMAN 1 Pangean yang akan kuliah di ATPK Bandung.
Menurutnya, para penerima beasiswa ini, di seleksi secara ketat dan murni langsung oleh panitia seleksi dari kampus masing-masing. Jadi tidak ada unsur titipan apalagi KKN dalam pelaksanaan ujian masuknya.
Para penerima beasiswa ujarnya diutamakan siswa yang berasal dari Desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan seperti Kabupaten Kepulaua  Meranti, Kuansing, Siak, Pelalawan, dan Kampar. Seterusnya berasal dari keluarga tidak mampu, memiliki nilai nilai akademik yang bagus di Sekolah.
"  Untuk seluruh  14 orang (9 ke Instiper dan 5 ke ATPK), dari ratusan yang lulus mengikuti seleksi administrasi dan tertulis sebelumnya, mereka akan dipanggil lagi tanggal 18 Juni 2014 mendatang guna mengikuti tes kesehatan di Pangkalan Kerinci termasuk 3 siswa asal Kuansing. Seminggu kemudian dijadwalkan menandatangani surat kesepakatan/ agreement sebelum diberangkatkan ke Bandung atau Yogyakarta,"ujar Disra Aldrick.
Menurutnya hak yang akan diterima penerima beasiswa berupa, semua biaya akan ditanggung perusahaan, seperti transportasi keberangkatan, biaya kuliah, biaya hidup, uang saku, uang buku, dan sebagainya.
" Tentunya mereka juga harus menunjukkan prestasi atau mempertahankan nilai yang bagus sesuai dengan persyaratan yang ada dalam surat kesepakatan atau agreement. Setelah mereka lulus, mereka akan langsung bekerja di perusahaan RAPP atau di grup lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan di lapangan. Setiap prosedur penerimaan tetap dilakukan dengan professional,'ujarnya.

Sementara itu Community Development (CD) Manager RAPP, Lukman, menyatakan, mereka yang llua sebelum berangkat akan dibekali ilmu dan motivasi agar mampu bersaing di kampus masing-masing. “Jadi supaya mereka berprestasi, sebelum berangkat kesana (Yogyakarta dan Bandung.red), kita menyiapkan program orientasi yang isinya penyiapan mental, motivasi diri, dan secara bertahap akan dikenalkan dengan industri kita (RAPP.red),” ungkap Lukman.

Program beasiswa ikatan dinas RAPP ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. Lukman mengatakan kategori masyarakat yang dimaksud ada dua hal yakni masyarakat yang tidak punya akses ke Perguruan Tinggi dan secara ekonomi tergolong kurang mampu.

“Maka RAPP mencoba memberikan solusi dengan mengirimkan anak-anak dari masyarakat tersebut ke perguruan tinggi yang aplikatif seperti Instiper yang fokus ke pengelolaan Hutan Tanaman Industri dan ATPK yang khusus pulp dan kertas,” ungkapnya.

Selama proses pendidikan berlangsung, biaya para siswa penerima beasiswa akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan dan dipantau perkembangan belajarnya secara rutin. Setiap tahunnya, manajemen RAPP akan melakukan kunjungan rutin ke setiap kampus guna memberikan motivasi.dan melihat perkembangan siswa.( isa )

 

Berita Lainnya

Index