Pacu Jalur 2014 Dimulai, Besok 50 Jalur Berpacu di Rayon I Cerenti

Pacu Jalur 2014 Dimulai, Besok 50 Jalur Berpacu di Rayon I Cerenti
Salah satu jalur tampak sedang menuju arena Tepian Nyiur Melambai. ( ktc )
TELUK KUANTAN  - Rangkaian pacu jalur resmi yang digelar pemerintah daerah tahun 2014 dimulai, Kamis ( 12/6/2014 ) besok di Tepian Nyiur Melambai desa Sikakak kecamatan Cerenti dalam ajang pacu jalur kecamatan rayon I. 50 buah jalur asal Kuansing dan Indragiri Hulu ( Inhu ) ikut berpartisipasi diajang yang akan dibuka Bupati Kuansing H Sukarmis.
"Kita sudah menyampaikan kesiapan untuk melaksanakan pacu jalur rayon I kepada Pak Bupati. Insya Allah, Beliau nanti yang akan membuka secara resmi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cerenti, Latifa kepada wartawan di Teluk Kuantan, Rabu (11/6/2014) siang.

Disampaikan Latifa, berdasarkan hasil technical meeting, Rabu siang, sebanyak 50 jalur memastikan diri untuk berpartisipasi. Dengan dimulainya pacu jalur rayon I yang meliputi kecamatan Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang , Logas Tanah Darat dan Inuman dirinya berharap agar para atlet jalur dan masyarakat untuk mensukseskan even pacu jalru rayon I ini.

"Ada 50 jalur, kita minta mereka supaya mensukseskan even ini, dan begitupula dengan masyarakat agar turut mensukseskan, karena ini adalah tradisi yang harus kita lestarikan," harapnya.

Hadiah Menggiurkan

Sementara itu dari data yang ada, hadiah yang akan diperebutkan jalur-jalur yang berpacu di rayon I cukup menggiurkan  Dari informasi yang diperoleh Pemerintah Kecamatan Cerenti, hadiah untuk juara 1 mencapai Rp15 juta ditambah piala bergilir Bupati Kuantan Singingi dan piala tetap dan tonggol juara. Hadiah juara 2 mencapai Rp13 juta ditambah piala tetap, dan tonggol  juara. Sedangkan hadiah juara 3 mencapai Rp10 juta ditambah piala tetap dan tonggol juara.

Dibandingkan tahun 20123  lalu, hadiah pacu jalur rayon 1 yang dilaksanakan di Inuman hanya mencapai Rp10 juta. Artinya, tahun ini hadiah pacu jalur rayon 1 ini meningkat sebesar Rp5 juta. Dengan bertambahnya hadiah, tentu menambah hasrat jalur-jalur yang ada di Kuansing untuk berpartisipasi.

"Iya, hadiah untuk juara satu sebesar Rp15 juta,  juara II Rp13 juta, dan hadiah juara I Rp10 juta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cerenti, Latifa saat berbincang-bincang dengan wartawan, belum lama ini.( utr )

Berita Lainnya

Index