Bibit kelapa sawit milik Disbun yang hilang digondol pencuri. ( ktc )

Lima Ribu Bibit Kelapa Sawit Untuk Warga Raib Digondol Pencuri

Kamis,11 Juni 2014 - 02:36:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Lima ribu lebih bibit kelapa sawit yang diolah Dinas Perkebunan ( Disbun ) Kuansing petani raib digondol pencuri. Padahal bibit lima ribu bibit kelapa sawit tersebut akan dibagikan kepada petani di daerah ini dalam waktu dekat.
" Ada lima puluh ribu bibit kelapa sawit yang sedang dibesarkan Disbun Kuansing saat ini di lokasi pembibitan  Sako Kecamata Pangean, namun lima ribu sudah dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, Kita sudah laporkan ke Polres Kuansing untuk ditangkap pelakunya,"ujar Kadisbun Kuansing, H Wariman, DW, SP kepada wartawan, Selasa ( 10/6/2014).
Bibit kelapa sawit yang mereka curi tersebut ujar Wariman rata-rata masih dalam Polybag. Para pencuri dalam aksinya tidak membawa bibit kelapa sawit beserta polybag, melainkan mencabut bibit kelapa sawit dari polybag.
" Bibit nya saja yang mereka cabut, sedangkan polybag tinggal di lokasi, sudah ada 3 petak pembibitan kelapa sawit Disbun yang raib baru-baru, untuk satu kotak jumlah 1.200 batang kelapa sawit, belum yang diambil secara sporadis dari kotak-kotak yang ada,"ujarnya.
Menurut perkiraan laporan penjaga kebun pembibitan Disbun di desa Sako tersebut, katanya, diperkirakan dalam beraksi para pencuri mencabuti bibit tersebut lalu dimasukkan kedalam karung.
" Walau dicabut tanpa polybag, untuk kelapa sawit masih dapat tumbuh tiga hari sesudahnya,"ujar Wariman.
Diperkirakan Wariman, usai berkasi para pencuri kemudian menjual kepada warga. " Mereka tahu bibit yang dikelola Disbun cukup baik kualitasnya, dan tentu dicari orang yang ingin membuat kebun,"ujarnya.
Atas kejadian pencurian ini ujarnya, Disbun Kuansing sudah melaporkan kejadian ini ke Polres Kuansing. " Kita minta pihak penegak hukum mencari pelaku, karena kerugian dialami warga yang membutuhkan dan juga daerah,"pungkasnya. ( isa)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT