Salah satu gerai Indomaret. ( ktrc )

Izin Ditolak, 10 Gerai Indomaret Batal Berdiri di Kuansing

Selasa,03 Juni 2014 - 04:33:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pemkab Kuansing menolak permohonan izin pengoperasian waralaba  Indomaret. Sebelumnya pengelola Indomaret mengajukan permohonan izin pembukaan gerai kepada Pemkab Kuansing beberapa waktu lalu.
Penolakan tersebut diakui Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal ( BPTpm ) Kuansing, Yuardi, S.Sos yang ditanya soal ini, Senin ( 2/6/2014 ). " Kita sudah usulkan surat permohonan izin yang diajukan Indomaret ke pimpinan, namun ditolak,"ujar Yuardi.
Dalam proposal yang diajukan pengelola Indomaret kepada Pemkab Kuansing melalui BPTPM, menurut Yuardi mereka berencana membuka 10 lokasi gerai Indomaret jika dikabulkan.  Namun rencana tersebut urung, karena Pemkab tidak memberi izin.
" Yang terlebih dahulu kan izin prinsip, setelah izin prinsip keluar baru izin lokasi. Namun izin prinsip tidak dikabulkan Pemda Kuansing, dengan demikian tidak dapat diteruskan,"ujarnya.
Mengenai alasan penolakan tersebut, terangnya karena Pemkab Kuansing ingin melindungi pedagang dan  pengusaha kecil dan menengah di Kuansing. Sebelum menolak ujarnya, mereka telah mengunjungi provinsi Sumatra Barat. " Ternyata disana kabupaten dan kota juga menolak izin pendirian gerai-gerai untuk melindungi pedagang dan usaha kecil menengah di daerah mereka. Jadi Kita memiliki referensi juga untuk menolak ditengah era perdagangan bebas seperti sekarang, karena pemerintah daerah juga berperan membina usaha kecil dan menengah didaerah masing-masing,"ujarnya.

 Diakui Yuardi, dengan masuknya Indomaret  menciptakan peluang investasi dan peluang kerja. " Kalau mereka usaha disini (Kuansing ) berarti kan investasi, disamping menambah alternatif tempat belanja dan memperindah kota,"ujarnya.
Namun saat ini Pemkab Kuansing memberi prioritas tumbuh dan berkembangya usaha kecil dan menengah lokal yang ada di Kuansing. Karena banyak sekali warga masyarakat yang menggantungkan hidup dari usaha perdagangan seperti kios, toko dan warung yang serupa dengan usaha gera-gerai yang sekarang marak berdiri di kota-kota besar. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT