Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Jalur Pendekar Guguak Juara Pacu Jalur Uji Coba Antar Desa se-Inuman

Senin,02 Juni 2014 | 05:46:00   Dibaca: 2481 kali
Jalur Pendekar Guguak Juara Pacu Jalur Uji Coba Antar Desa se-Inuman
Ket Foto : Pacu Jalur. ( ktc )


INUMAN  - Jalur pendatang baru asal desa Koto Inuman, Pendekar Guguak Selayang Pandang berhasil menjadi jawara  pada pacu jalur uji coba antar desa se-Kecamatan Inuman, yang dilaksanakan di Tepian Tigo Muaro, Desa Banjar Nan Tigo Inuman, dari Jumat ( 30/5/2014 ) hingga Sabtu ( 31/5/2014 ) lalu.

Di final jalur Pendekar Guguak yang dibuat ahun 2014 ini mengalahkan jalur-jalur unggulan lainnya, seperti Rentak Serambi Bunga Cempaka dari Desa Pulau Sipan yang keluar sebagai juara kedua dan Sangkiang Batuah dari Desa Pasar Inuman berhasil keluar sebagai juara ketiga.

Atas keberhasilan tiga jalur andalan dari Inuman ini, jalur Pendekar Guguak berhak berhak atas hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 1 juta dari Camat Inuman Drs Akhyan Armofis, dan piala tetap dari Forum Kepala Desa Kecamatan Inuman.

Sedangkan jalur Rentak Serambi Bunga Cempaka berhak atas uang pembinaan sebesar Rp750 ribu ditambah piala tetap dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Inuman. Terkahir, jalur Sangkiang Batuah yang mendapat juara tiga berhak atas uang sebesar Rp500 ribu dan piala tetap dari PNPM Mandiri Pedesaan.

Pacu jalur ajang uji coba ini diikuti 3 jalur dari 10 desa di Inuman. Pacu jalur ini dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Inuman bekerjasama dengan Upika dan Forum Kepala Desa Inuman serta para Pemuka Masyarakat Inuman.

"Iya, pacu jalur ini kita laksanakan dalam rangka mempersiapkan jalur-jalur Inuman untuk menghadapi pacu jalur rayon di Kuansing. Alhamdulillah, pacu jalur uji coba yang melibatkan jalur-jalur di Inuman ini berjalan sukses dan melahirkan pemenang," kata Camat Inuman, Drs Akhyan Armofis kepada wartawan, Senin (2/6/2014).

Mantan Camat Hulu Kuantan dan Kuantan Tengah mengapresiasi partisipasi setiap desa karena sangat antusias tanpa melihat besaran hadiah. "Itu yang sebenarnya kita harapkan dari ajang uji coba ini agar gairah pacu jalur tumbuh di masyarakat," katanya.

Dalam setiap even pacu jalur nantinya, Camat Inuman menginginkan jalur-jalur di Inuman ini mampu mengukir prestasi dan bersaing dengan jalur-jalur lain yang ada di Kuansing. "Jalur-jalur ini akan terus kita bina agar Inuman kembali berjaya di setiap even di Kuansing," harapnya.( isa)


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.