Salah satu jalur usai dilayur warga masyarakat. ( ktc )

Warga Desa Munsalo Kopah Layur Jalur Baru Panglimo Tongkar

Senin,01 Juni 2014 - 06:01:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN  - Jalur Panglimo Tongkar milik masyarakat Desa Munsalo Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah dilayur, Sabtu malam (31/5/2014).

Dengan dilayurnya jalur milik masyarak Munsalo Kopah ini membuat masyarakat bangga dan siap mengukir prestasi di setiap even pacu jalur yang dihelat di Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2014 ini.

"Alhamdulillah, sekarang kita memiliki jalur baru. Tentunya jalur ini membuat kita bangga dan lebih bersemangat memacukan jalur yang baru ini," kata Kepala Desa Munsalo Kopah,  Azwar Ali, usai melayur jalur Panglimo Tongkar tersebut.

Sebelumnya, masyarakat Munsalo Kopah sudah memiliki sejumlah jalur, terakhir kali jalur tersebut diberi nama Panglimo Tongkar. Nah, jalur Panglimo Tongkar yang baru ini merupakan pengganti jalur lama yang tidak layak dipacukan lagi.

"Jalur yang lama sudah tidak layak lagi dipacukan, makanya dengan semangat yang tinggi masyarakat mengusahakan untuk mengganti dengan jalur yang baru," kata Kades Munsalo.

Diketahui, jalur Panglimo Tongkar ini merupakan salahsatu jalur di Kopah yang cukup diperhitungkan oleh jalur-jalur lain di Kuansing dan Inhu. Dengan adanya jalur baru, Azwar sangat berharap, prestasi terus bisa direngkuh. "Ini yang kita harapkan dengan jalur baru," katanya.

Dalam mewujudkan itu, Kepala Desa Munsalo ini optimis. Pasalnya, masyarakat sangat antusias dengan kepemilikan jalur baru. "Jalur baru ini bisa laju dan juara kalau kita kompak, dan Alhamdulillah masyarakat sudah menunjukkan kekompakkan itu," katanya.

Menurutnya, pacu jalur merupakan tradisi asli masyarakat Kuantan Singingi. Oleh karenanya, semua pihak harus melestarikan dan mempertahankan tradisi ini agar tetap eksis sepanjang masa. "Mari kita lestarikan tradisi kita ini," ajaknya.

Pembuatan jalur ini terlaksana atas dukungan dari masyarakat secara swadaya, dan bantuan dari Pemkab Kuansing serta Pemerintah Kuantan Tengah dan Pemerintahan Desa. "Terima kasih atas dukungan semuanya, sehingga jalur ini bisa kita buat," ucap kades.( utr )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT