Karhutla. ( hrc )

Waspada, Riau Akan Kembali Membara

Rabu,27 Mei 2014 - 04:22:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

PEKANBARU - Hotspot (titik panas,red) di Riau kembali meningkat. Dari pantauan Satelit Terra dan Aqua pada Selasa (27/5/14) pagi, terdapat sedikitnya 17 titik panas di Riau, sedangkan untuk wilayah Sumatera, terdapat sekitar 45 titik panas.

Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo, pada Selasa(27/5/14) menyebutkan, 17 titik panas ini tersebar di sejumlah Kabupaten, antara lain Siak 5 titik, Inhil 2 titik, Inhu 1 titik, Pelalawan 5 titik, dan Bengkalis 4 titik.

"Data tersebut merupakan hasil pantauan dari BMKG pada pukul 07.00 pagi ini," ujarnya melalui pesan singkat.

Lanjut Agus, perkembangan hotspot dalam Dua hari belakangan memang menunjukan peningkatan. Pada satu hari sebelumnya, satelit BMKG ini juga mencatat terdapat sedikitnya 15 titik panas di Riau, dengan total hotspot di Sumatera sekitar 22 titik panas. "Kemarin Riau mendominasi hotspot keseluruhan, untuk pagi ini setengahnya berada di Riau," terangnya

Dengan kondisi ini, BNPB terus mengimbau setiap Kabupaten/kota yang memiliki kerawanan dalam terjadinya kebakaran hutan dan lahan, agar terus meningkatkan operasi, berupa patroli darat, pengawasan udara, dan sosilalisasi kepada masyarakat tempatan untuk bersama-sama dengan tidak membuka lahan baru dengan cara di bakar.

Sementara itu, untuk cuaca sendiri, BMKG melaporkan bahwasanya Riau pada umumnya berawan. Adapun peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada sore dan malam hari hampir merata di seluruh wilayah Provinsi Riau.( sumber : halloriau.com )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT