Contoh Obat Generik. ( ktc1 )

Diskes Ngaku Obat Telah Didistribusikan ke UPTD

Minggu,21 Oktober 2012 - 09:14:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Pengadaan obat-obatan dan alat pakai habis untuk unit pelaksanan teknis dinas ( UPTD ) Dinas Kesehatan ( Diskes ) baik Puskesmas maupun Poskedes belum lama ini mendapaat sorotan dari DPRD Kuansing, bahkan DPRD sempat menghearing Sekretaris Dinas Kesehatan dr Reza dan sejumlah pejabat Diskes terkait lainya.
Hearing ini karena DPRD melihat sampai bulan Oktober, pengadaan obat-obatan untuk Puskesmas dan Poskedes belum jalan, akibatnya distribusi obat-obatan untuk Puskesmas dan Poskedes belum juga jalan, hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai obat-oabat yang digunakan sebelum obat-oabat 2012 disalurkan.  Saat itu pejabat Diskes yang hadir saat  hearing beralasan proses pengadaan obat-obatan untuk Puskesmas dan Poskedes se-Kuansing masih sedang dalam tahap tender atau lelang.
Kadis Kesehatan Kuansing, dr Djasmuddin Djalal yang dihubungi, Jumat ( 19.10 ) pekan lalu menegaskan sebagian dar obat-oabatan dan alat habis pakai sudah disalurkan. Bahkan Djasmuddin  menyebutkan, untuk obat paten dan alat bahan habis pakai sudah semuanya disalurkan ke Puskesmas dan Poskedes yang ada.
" Sekarang tinggal distribusi obat-oabat generik, namun penyaluran nya sudah pula mencapai 80 persen,"ujarnya.
Menurutnya, Diskes Kuansing menyadari bahwa  stok obat-obatan bagi Puskesmas dan Poskedes sangat penting untuk disalurkan secepatnya. Karena hal ini menyangkut hajat hidup orang banyak. " Kalau Kita sesudah lelang dan proses tender dan ada pemenangnya, Kita minta segera dilaksanakan,"ujar Djasmuddin Djalal.
Sebelumnya Ketua DPRD Kuansing, Muslim menyangkut keterlambatan pengadaan obat-obatan ini mengharapkan Diskes untuk membuat perencanaan yang baik soal pengadaan obat. Jikaperlu terlebih dahulu dilakukan audit, untuk mengetahui jumlah obat yang telah habis pada tahun sebelumnya sehingga menjadi dasar merencanakan pengadaan obat untuk tahun-tahun selanjutnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT