Jalur Lintah Jalang pada event pacu jalur event nasional 2013. ( ktc )

Galang Dana Jalur Lintah Jalang, Bupati Kumpulkan Dana Rp 84,4 Juta

Jumat,22 Mei 2014 - 06:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis, Selasa ( 20/5/2014 ) malam menghadiri acara melayur jalur Lintah Jalang desa Petapahan kecamataGunung Toar. Ini merupakan kehadiran kedua orang nomor satu Kuansing ini menghadiri acara melayur jalur Lintah Jalang.
Acara melayur jalur ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kuansing, Sardiyono, mantan Wabup Kuansing Drs H Mursini, M.Si, Asisten, Staf Ahli, Kadis, Kepala Badan, Kepala Satuan, Direkrut RSUD, pejabat eselon III, Camat Gunung Toar Arta Melia, S.STP dan undangan lainnya.
Saat melakukan penggalangan dana Bupati berhasil mengumpulkan dana Rp 84,4 Juta, sementara kebutuhan panitia pelaksana Rp 50 Juta. Dana tersebut berasal dari sumbangan Bupati H Sukarmi pribadi Rp 10 Juta, Bupati Kuansing Rp 10 Juta, dana Bansos wakil Ketua DPRD Kuansing Sardiyono Rp 30 Juta, dan sumbangan pejabat eselon III dan IV yang hadir saat itu.
" Mudah-mudahan dana yang terkumpul jauh dari kebutuhan meringankan beban panitia dalam menuntaskan pembuatan jalur,"ujarnya.
Dalam sambutannya, Bupati kembali mengingatkan, bahwa pacu jalur merupakan tradisi agung masyarakat Kuansing, selain dalam upaya melestarika budaya juga ajang silahturahmi antar masyarakat. Bahkan dari segi keramaian, penonton pacu jalur merupakan kedua terbanyak di dunia, yang terbanyak pertama saat menunaikan ibadah haji di Mekkah.
Pacu jalur yang merupakan kebanggaan masyarakat Kuansing juga telah membawa kehadiran pejabat negara dan tokoh masyarakat tingkat nasional ke Kuansing. " Pernah dihadiri Wapres saat masih dijabat pak Jusuf Kalla saat saya masih berpasangan dengan Pak Mursini,"ujarnya.
Khusus untuk jalur Lintah Jalang sebutnya, diharapkan dapat berprestasi kedepannya. Apalagi jalur-jalur asal Gunung Toar selama ini cukup berprestasi dalam berbagai ajang.
" Untuk jalur Lintah Jalang sendiri bukan hal baru bagi Saya karena dulu juga pernah saya hadir pada acara melayur jalur,'ujarnya.
Sementara itu Camat Gunung Toar, Arta Melia menyatakan, kehadiran Bupati  Sukarmis dalam melayur jalur Lintah Jalang diharapkan mampu mendorong semangat pemacu dan anakjalur untuk lebih berprestasi kedepannya. ( utr )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT