Diskan Kuansing Salurkan Bantuan Stimulan Bagi 35 Orang Petani Ikan

Diskan Kuansing Salurkan Bantuan Stimulan Bagi 35 Orang Petani Ikan
Bupati Kuansing H Sukarmis saat mengikuti salah satu kegiatan perikanan. ( ktc )


TELUK KUANTAN – Dinas Perikanan ( Diskan ) Kuansing melalui dana APBD tahun anggaran 2014 akan menyalurkan bantuan stimulant bagi petani ikan didaerah ini agar usaha perikanan mereka semakin berkembang.

Hal tersebut dikatakan Kadiskan Kuansing, Ir Emmerson, diruang kerjanya, Jumat ( 9/5/2014 ) kemaren. “ Bantuan ini untuk petani ikan bukan pemula dan bukan pula untuk yang sudah berkembang. Namun mereka sudah memulai usaha dan perlu disokong agar usaha mereka semakin berkembang,”ujar Emmerson.

 “ Jenis bantuan lebih besar untuk operasional petani ikan sendiri,”ujarnya menambahka.

Jenis bantuan stimulant yang akan diberikan akan disalurkan untuk 35 orang petani. Masing-masing petani penerima akan mendapatkan 1.500 ekor benih ikan nilla, 5 kilogram kapur, 5 kilogram pakan halus dan 350 kilogram pellet pabrik. Dengan demikian untuk menyalurkan bantuan stimulant bagi 35 orang petani ikan ini, Diskan Kuansing akan membeli  52.500 ekor benih ikan nilla, 175 kilogram kapur, 175 kilogram pakan halus dan 12.250 pellet pabrik.

“ Total dana yang dianggarkan untuk kegiatan penyaluran bantuan stimulant bagi petani ikan ini sebesar Rp171.850.000,-,”ujarnya.

Mereka yang menjadi sasaran ini ujarnya memperjelas, berupa petani yang sudah memulai usaha, namun dengan bantuan ini mereka semakin terdorong untuk mengembangkan usaha perikanan mereka. Sebab setelah melewati fase pemula, tantangan cukup berat untuk terus maju dan berkembang atau berhenti karena berbagai kendala.

“ Melalui bantuan dari Pemkab Kuansing ini, diharapkan petani menyadari bahwa dalam berusaha mereka mendapat perhatian dan sokongan dari pemerintah daerah. Karena Pemkab sesuai harapan Pak Bupati memang mengharapkan usaha perikanan semakin berkembang terutama pelaku yang berdampak pada perekonomian warga sendiri, apalagi kebutuhan ikan masih sangat besar baik di Kuansing maupun diluar Kuansing,”ujarnya.

Mengenai 35 orang petani ikan yang akan menerima bantuan tersebut berasal dari seluruh Kuansing. Namun nama-nama penerima dan lokasi baru dapat diketahui setelah kegiatan penyaluran tuntas dilakukan. Sekarang dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan pengadaan benih ikan, kapur, pakan dan pellet. ( utr )

 

Berita Lainnya

Index