Awasi Kerusakan Peraian Umum, Diskan Kuansing Bentuk Pokmaswas

Awasi Kerusakan Peraian Umum, Diskan Kuansing Bentuk Pokmaswas
Penaburan ikan di danau Kobun Nopi . ( ktc )


TELUK KUANTAN – Untuk mencegah kerusakan perairan umum sebagai salah satu sumber penghasil ikan bagi masyarakat dan pencari ikan, Dinas Perikanan Kuansing sudah membentuk kelompok masyarakat pengawasan ( Pokmaswas ) perikanan umum diseluruh kecamatan yang ada didaerah ini.

“ Disetiap kecamatan anggota Pokmaswas perairan umum ini ada yang berjumlah 20 orang dan ada yang berjumlah 30 orang, tergantung banyaknya potensi perairan umum dimasing-masing kecamatan,’ujar Kadis Perikanan Kuansing, Ir Emmerson diruang kerjanya, Jumat ( 9/5/2014 )  kepada wartawan.

                Menurut Emmerson, tugas dari anggota Pokmaswas ini memantau perilaku pencari ikan dan warga masyarakat yang dalam mencari ikan menggunakan cara-cara yang merusak lingkungan dan biota ikan sendiri demi keuntungan sendiri secara cepat dan tidak bertanggung jawab. Misalkan dengan menebar tuba  atau racun , menyetrum dan kegiatan merusak lainnya.

                “ Kan ada juga oknum-oknum warga Kita yang mencari ikan dengan cepat dengan cara menuba atau menggunakan listrik. Ini tidak baik dan berdampak buruk bagi biota ikan , sementara banyak warga Kuansing yang hidup dari mencari ikan diperairan umum seperti danau, rawa, sungai dan areal persawahan,”ujarnya.

                Anggota Pokmaswas perairan umum ini ujarnya, dalam bertugas memiliki wewenang memperingatkan oknum-oknum tidak bertanggungjawab, bahkan memberi laporan kepada Polisi dan aparat terkait untuk mencegah kerusakan perairan umum tersebut.

                “ Kalau penindakan nantinya diserahkan kepada aparat hukum, tetapi jika pelaku bandel mereka dapat menyampaikan laporan kepada aparat hukum. Yang jelas tugas mereka itu dulu, mengenai tindak lanjut diserahkan kepada penegak hukum,”ujarnya.

                Sejauh ini warga masyarakat menyambut baik kehadiran Pokmaswas perairan umum yang telah dibentuk tersebut. Karena warga sendiri sadar pentingnya memelihara perairan umum, tidak hanya untuk kelanjutan pasokan ikan namun juga untuk keperluan masyarakat lainnya sepeti mandi dan cuci. ( isa )

 

Berita Lainnya

Index