Tingkatkan Kunjungan Wisman, Parbudpora Tingkatkan Promosi Pacu Jalur

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Parbudpora Tingkatkan Promosi Pacu Jalur
pacu jalur. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan  menyaksikan  agenda pacu jalur nasional 2014, salah satu upaya yang akan dilakukan Dinas Pariwisata Kebudayaa dan Pemuda Olahraga ( Parbudpora ) Kuasing  meningkatkan agenda promosi.
Hal ini dikatakan Kadis Parbudpora Kuansing, Marwan, S.Pd, MM kepada wartawan di kantornya, Rabu (30/4/2014). " Kita lihat promosi masih perlu ditingkatkan, tidak hanya pacu jalurnya, namun juga agenda-agenda yang dilaksanakan selama pacu jalur,"ujarnya.
Dengan demikian ujar Marwan, pengunjung dari luar juga mengetahui disamping  pacu jalur juga ada agenda lain yang dapat disaksikan selama berada di Teluk Kuantan saat pacu jalur event nasional berlangsung.
Karena itu pemasangan baliho-baliho promosi pacu jalur akan diusahakan terpasang dilokasi-lokasi strategis baik di Riau dan provinsi tetangga. " Sebenarnya pacu jalur sudah diketahui, tetapi melalui promosi masyarakat kembali diingatkan soal pacu jalur yang akan berlangsung,"ujarnya.
Sementara mengenai aspirasi agar pacu jalur kembali dibuka oleh pejabat setingkat Mentri seperti dimasa lalu ujarnya, membutuhkan koordinasi dengan pimpinan dan Pemprov. Karena untuk mengundang pejabat setingkat menteri perlu dikoordinasi.
" Kalau sekarang kan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kalau Kita mengundang mentri selain koordinasi dengan pimpinan terlebih dahulu juga melakukan lobi ke Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,"ujarnya.
Namun pihakya sangat mengapresiasi keinginan agar pacu jalur dibuka oleh pejabat setingkat Mentri. Pasalnya sejak tahun 2006, pacu jalur hanya dibuka oleh pejabat Gubernur atau yang mewakili.
" Mungkin harapan masyarakat dengan dibuka Mentri, pacu jalur kembali bergaung besar dan menjadi kalender pariwisata nasional,"ujarya.
Namun untuk merelisasikan hal ini ujarnya, perlu dukungan semua elemen, baik di Kuansing maupu di Pemprov. Namu pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan pacu jalur benar-benar meriah dan berjalan sukses serta memberi efek positif bagi masyarakat, selain melestarikan budaya dan mempererat silahturahmi. ( isa )

Berita Lainnya

Index