Caleg Artis Dapil Riau Gagal ke Senayan

Caleg Artis Dapil Riau Gagal ke Senayan
Iyeth Bustami. ( dtc )



PEKANBARU- Tiga artis asal Riau, pedangdut Iyeth Bustami dan Naga Lyla (vokalis grup Band Lyla), akhirnya terjungkal dalam perebutan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Riau-1 (Kota Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Dumai, Kepulauan Meranti).

Pengamat politik Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Rhonny Riansyah kepada riauterkinicom, Senin (28/4/14), menyebutkan modal popularitas tidak cukup untuk meraup suara terbanyak pada Pemilu lalu.

"Kapasitas sosial politik, elektabilitas partai dan basis massa partai yang mencalonkan kedua artis itu menjadi determinan," ungkapnya.

Untuk kasus Iyeth Bustami, yang punya nama asli Sri Barat, misalnya. Perolehan suaranya paling banyak di antara caleg DPR RI sesama partai politik (parpol) yang mengusungnya, PKB. Penyanyi yang populer dengan lagu "Laksmana Raja di Laut" dan "Laila Canggung" ini, mampu meraih 45.803 suara. Sayangnya, perolehan suara parpol dan caleg PKB secara keseluruhan untuk Dapil Riau-1, setelah dibagi Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) tidak mencukupi 1 kursi.

Sehingga untuk Dapil Riau-1, PKB tidak mampu meraih satu kursi DPR RI. Berbeda untuk Dapil Riau-2 (Kampar, Pelalawan Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi), dari 5 'jatah' kursi yang diperebutkan, PKB mendapatkan 1 kursi yang direbut Lukman Edy, incumbent anggota DPR RI.

Nasib serupa juga dialami Naga Lyla yang memiliki nama asli Indra Perdana Sinaga. Meski sangat populer di tingkat pemilih pemula yang masih ABG (Anak Baru Gede, Red), namun suara yang didapat Naga Lyla masih belum cukup. Naga Lyla hanya mampu 14.227 suara, masih kalah dengan perolehan suara politikus "gaek" yang juga incumbent, Sutan Sukarnotomo yang meraup 31.286 suara.

Begitu juga dengan artis senior Anna Tairas yang maju dari Partai Gerindra di Dapil II, jug agagal melenggang ke senayan. Artsi asal Teluk Kuantan Kuansing tersebut hanya mampu meraup 1.803 suara. ( sumber : riauterkini.com/ktc )

Berita Lainnya

Index