Panwaslu Diminta Profesional Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Pemilu di Jake

Panwaslu Diminta Profesional Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Pemilu di Jake

TELUK KUANTAN- Tim sukses Debi Candra, Caleg DPRD Kabupaten Kuantan Singingi nomor urut 7 dari partai Gerindra sebagai pelapor meminta pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuansing agar profesional dalam menindak lanjuti adanya dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah pada pelaksanaan Pemilu 9 April lalu.

"Kita sudah membuat laporan secara resmi kepada Panwaslu Kuansing pada Jumat lalu (11/4/2014) terkait dugaan adanya pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh tim salah satu caleg yang terjadi di Desa Jake pada saat pencoblosan kemaren,"ujar Didik Darmadi bersama Mardimis tim sukses Debi Candra kepada wartawan, Senin ( 14/4/2014) malam di Teluk Kuantan.

Tim sukses Debi Candra yang malam itu juga didampingi oleh pengacaranya Jubirman, SH mengungkapkan bahwa materi laporan mereka adalah terkait dugaan adanya intimidasi yang dilakukan oleh salah satu tim dari partai lain, keterlibatan perangkat desa dan salah satu kelompok organisasi serta mobilisasi massa.

"Saat ini seluruh bukti-bukti dan saksi-saksi sudah kita siapkan dan kita serahkan ke Panwaslu,"ujar Didik.

Untuk itu kata Didik, pihaknya berharap agar laporan ini dapat diproses secara profesional oleh Panwaslu dan penegak hukum.

Sementara itu, Selasa (15/4/2014) pagi, ketua Panwaslu Kuansing, Alpias, ST yang ditemui di ruang kerjanya membenarkan adanya laporan tersebut.

"Menyangkut laporan tersebut saat ini sedang kita proses, beberapa saksi yang diajukan oleh pelapor sudah kita panggil untuk kita klarifikasi, dan besok kita juga akan memangil saksi dari pihak terlapor,"ujar Alpias.

Seperti laporan lainnya kata Alpias, setelah perkara ini mereka proses dan dibuat kesimpulan, nanti mereka akan melakukan gelar perkara dengan pihak Gakkumdu."Apakah nanti perkara ini memenuhi unsur pelanggaran tentunya nanti Gakkumdu yang memprosesnya,"kata Alpias.(Utr)

Berita Lainnya

Index