Tanpa Pemantau Independen

374 Jajaran Panwaslu dan 1.365 Orang Relawan Bakal Awasi Pemilu di Kuansing

374 Jajaran Panwaslu dan 1.365  Orang Relawan Bakal Awasi Pemilu di Kuansing
Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias, ST. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu di Kuansing yang akan dilaksanakan hari Rabu ( 9/4/2014 ) tanpa kehadiran pemantau  independen. Namun demikian, Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) Kuansing akan mengerahkan jajaranya mulai dari petugas pengawas lapangan ( PPL ) panitia pengawasn kecamatan ( Panwascam ) untuk melakukan pegawasan termasuk juga para relawan.
" Kalau untuk pemantau independen belum ada yang melaporkan, bisa saja mereka melapor ke Bawaslu Riau dan turun kelapangan secara diam-diam, namun kepada Kita belum ada yang melapor,"ujar Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias, ST melalui Devisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Ahdanan, S.Ag, M.Pd yang dikonfirmasi, Selasa ( 8/4 /2014 ) sore.
Untuk mengawasi pemungutan suara ujarnya, jumlah PPL yang akan dikerahkan sebanyak 329 orang yang ditugasi di 229 desa dan kelurahan. " Jadi untuk setiap desa dan kelurahan ada satu sampai tiga orang dikerahkan tergantung banyaknya TPS,"ujar Ahdanan.
229 orang PPL ini ujarnya akan diback up oleh 45 orang anggota Panwascam di 15 kecamatan. " Jadi untuk petugas Panwaslu sendiri yang bakal dikerahkan sebanyak 374 orang,"ujarnya.
Disamping jajaran Panwaslu ujarnya, juga akan dikerahkan 1.365 orang relawan yang telah direkrut Panwaslu yang berasal dari Ormas, OKP, mahasiswa, pelajar dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.
Namun yang berbeda ujarnya, para relawan yang akan dikerahkan tersebut dalam tugasnya tidak menggunakan atribut. "Karena mereka tugasnya melakukan pemantauan secara umum, namun petunjuk teknis pemantauan sudah diberikan kepada mereka sebelum bertugas,"ujarnya.
" Mereka akan bekerja memantau secara diam-diam,"tambahnya mengakhiri. ( ktc )

Berita Lainnya

Index