Awan berbentuk unik yang sempat muncul di Padang Panjang Sumatra Barat. ( Foto: Anthony/pasangmata.c

BMKG: Awan Unik di Padang Panjang Tak Berdampak Apa-apa

Minggu,06 April 2014 - 03:36:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang membenarkan adanya fenomena awan berbentuk unik di Padang Panjang, Sumatera Barat, pagi tadi. Namun masyarakat tak perlu khawatir karena fenomena ini tidak berdampak apa-apa.

"Memang ada awan berbentuk seperti itu sekitar pukul 10.00-11.00 WIB. Hingga saat ini, tidak ada dampak apa-apa," kata staf analisis BMKG Padang Panjang, Furqon Dawam Raharjo, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (6/4/2014).

Furqon menuturkan bahwa fenomena ini baru kali ini terjadi. Penyebabnya kemungkinan adalah berkumpulnya awan kumulonimbus atau disebut juga awan Cb.

"Biasanya tidak ada yang seperti itu. Di sini kondisi sedang mendung dan bisa jadi terbentuk awan seperti itu. Di pegunungan memang adalah tempat berkumpulnya awan kumulonimbus," ujar Furqon.

Sebelumnya, Anthony Saputra yang merupakan warga Silaing Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat, mengirimkan foto awan tersebut ke pasangmata.com. Menurutnya, awan itu terlihat selama 30 menit pada pukul 10.00 WIB. Dia kemudian mengabadikan awan itu dengan ponselnya.( sumber : detik.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT