Sapi

Hewan Kurban 2012 Capai 2500 Ekor

Senin,15 Oktober 2012 - 05:57:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN – Dinas Peternakan Kuansing  memperkirakan, jumlah kebutuhan hewan Kurban Idhul Adha 1433 Hijriah atau 2012 Masehi mencapai 2500 ekor. Kebutuhan tersebut tersebar di seluruh wilayah Kuansing.

Hal tersebut dikatakan Kadis Peternakan Kuansing, Masri, SP.M.Si saat ditanya soal hewan kurban tahun ini, Senin ( 15/10 ) siang. “ Ini baru data sementara, dari permintaan yang masuk ke Dinas Peternakan, diperkirakan sebanyak 2500 ekor itu lah,”ujar Masri.

Menurut mantan Kabag Ekbang Setda Kuansing tersebut, dari 2500 kebutuhan hewan Kurban tahun ini,  kerbau sebanyak 155 ekor, sapi  1474 ekor dan kambing 109 ekor.

Ditambahkannya, 2500 ekor kebutuhan hewan kurban tahun ini, berasal dari hewan ternak lokal yang memang cukup tersedia. Namun jika terjadi permintaan hewan Kurban, sementara stok yang ada tidak mencukupi fihaknya telah menyiapkan antisipasi memenuhi kebutuhan tersebut.

“ Kalau seandainya kurang, akan Kita datangkan hewan ternak dari Jawa dan Sumbar,”ujar Masri.

Karena itu Disnak menghimbau ujarnya, agar panitia penyembelihan hewan Kurban seluruh Kuansing menginformasikan kebutuhan hewan Kurban secara rill. Dengan demikian jika terjadi kekurangan, segera dapat dicarikan solusinya.

Selain itu lanjutnya, petugas Dinas Peternakan juga bakal diturunkan ke lokasi-lokasi penyembelihan hewan Kurban  untuk memantau kesehatan hewan  yang akan disembelih. Tujuannya agar tidak ada hewan kurban yang mengidap penyakit  yang dapat membahayakan kesehatan manusia. (ktc1 )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT