Peringati Hari Bakti Rimbawan Ke 31, Bupati Minta Semua Pihak Menjaga Hutan

Peringati Hari Bakti Rimbawan Ke 31, Bupati Minta Semua Pihak Menjaga Hutan
Sekda Kuansing, Drs Muharman, M.Pd saat menjadi Irup pada upacara peringatan hari Bhakti Rimbawan 20

TELUK KUANTAN – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (26/3/2014) pagi menggelar apel dalam rangka memperingati hari rimbawan ke 31 di lapangan Upacara Komplek Perkantoran Pemkab Kuansing.

Sekretaris daerah Kuansing, Drs Muharman, M.Pd selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kuansing H. Sukarmis mengatakan bahwa saat ini kawasan hutan di wilayah Kabupaten Kuansing kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

"Menurut TGHK (Tata Guna Hutan Kesepakatan) tahun 1986 hutan di Kuansing seluas 357.357 hektar dengan rincian, hutan lindung 64.460 ha hutan produksi terbatas 110.770 ha, hutan produksi tetap 121.460 ha, dan kawasan suaka marga satwa 62.685 ha,"ujarnya.

Namun saat ini kondisi tersebut sudah sangat memprihatinkan. Hal ini kata Bupati terlihat dengan luasan hutan yang sudah banyak berkurang, banyak orang yang tidak bertanggungjawab yang tidak segan-segan lagi membabat dan menyerobot hutan dalam bentuk illegal logging, baik terhadap hutan ulayat, hutan produksi terbatas, maupun hutan lindung dan bahkan hutan suaka marga satwa pun seperti di kawasan bukit rimbang baling sudah banyak yang dirusak orang.

Bila kawasan hutan ini terus menerus dirusak secara tidak terkendali maka dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, kekeringan dan tanah longsor melanda Kabupaten Kuansing.

“Bahkan beberapa waktu lalu, daerah kita baru saja mengalami bencana besar kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali. Untuk itu melalui kesempatan yang baik ini saya mengimbau kepada kita semua agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar,” sebut bupati.

Mengingat tanggungjawab yang begitu besar terhadap hutan dan dampak yang akan ditimbulkan bilamana hutan ini dirusak, penanganan terhadap kesemua ini bukan hanya menjadi tanggungjawab pemda melain tanggungjawab bersama seluruh lapisan masyarakat. Untuk menjaga dan melindungi hutan. “Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” ujar bupati.

Bersempena memperingati hari rimbawan yang ke -31 ini, dengan tema “dengan semangat bakti rimbawan kita tingkatkan soliditas  menuju kehutanan baru” sehubungan itu bupati berharap sumberdaya hutan yang luas yang dimiliki tersebut dapat diurus dan dikelola, diusahakan, dikonservasi, dilindungi, direboisasi dan dihijaukan secara berkelanjutan untuk mewujutkan pengelolaan hutan lestari memakmurkan masyarakat, bangsa dan Negara.

Hadir pada upacara hari rimbawan tahun 2014, Ketua DPRD Muslim, S, Sos, Ketua Darmawanita Kuansing Ibu Hj Juita Alfis Sukarmis, ibu Sekda, para kepala dinas/badan, kabag dan camat se Kabupaten Kuansing serta para pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing. Pada upacara tersebut juga digelar atraksi penangan bahaya api oleh petugas dari RAPP. (Utr)

Berita Lainnya

Index