MotoGP Kembali Hadirkan 'Perang Saudara'

MotoGP Kembali Hadirkan 'Perang Saudara'
Aleix dan Pol (Getty Images/Mirco Lazzari)

Jakarta - Keluarga besar Espargaro boleh jadi akan "terbelah" saat menyaksikan MotoGP 2014. Kalau biasanya mereka bisa total mendukung Aleix Espagaro, musim ini juga akan ada Pol Espargaro yang turun di kelas primer tersebut.

Mulai musim 2014 Pol memang akan berpacu di kasta teratas kejuaraan dunia balap motor grand prix. Pebalap Spanyol 22 tahun itu "naik kelas" setelah musim lalu menjadi kampiun Moto2. Pol pun bakal bersaing dengan sang abang, Aleix, yang dua tahun lebih tua darinya dan juga tampil di MotoGP.

Maka persaingan Pol dan Aleix itu akan memanaskan lintasan MotoGP, kendatipun rivalitas antarsaudara sebenarnya bukan hal asing di kelas primer kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Berikut persaingan-persaingan serupa seperti dilansir situs resmi MotoGP.

- Kali terakhir dua saudara bersaing di sebuah balapan MotoGP adalah pada MotoGP AS 2010 di Laguna Seca, dengan Nicky Hayden bersama tim pabrikan Ducati dan Roger Lee Hayden menggantikan Randy de Puniet untuk LCR Honda. Keduanya sama-sama meraih angka: Nicky finis di posisi lima dan Roger Lee di posisi 11.

- Kali terakhir dua saudara sama-sama tampil secara penuh di kelas MotoGP adalah pada 2004, saat Kenny Roberts membela Suzuki dan Kurtis Roberts membalap untuk Proton KR.

- Selain Roberts bersaudara pada 2004, ada pasangan-pasangan saudara lainnya yang juga secara penuh tampil di satu musim yang sama kelas primer: Nobuatsu dan Takuma Aoki di 1997, Nobuatsu dan Haruchika Aoki di 1999, Bernard dan Marc Garcia (1994 & 95), Dominique dan Christian Sarron (1989).

- Kali terakhir sepasang saudara sama-sama finis di zona podium kelas primer terjadi pada GP Imola 1997, ketika Nobuatsu Aoki finis kedua dan Takuma Aoki finis ketiga.

- Satu momen lain ketika sepasang saudara juga finis di zona podium kelas primer adalah pada GP Argentina 1962, ketika Juan Salatino finis kedua dan Eduardo di posisi tiga.

Berita Lainnya

Index