Dilaksanakan di Sukaping, Bupati : Padat Karya Percepat Pembangunan Infrastruktur

Dilaksanakan di Sukaping,  Bupati : Padat Karya Percepat Pembangunan Infrastruktur
Bupati Kuansing H Sukarmis saat membuka program Padat Karya di desa Sukaping Pangean. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Bupati Kuansing H Sukarmis menilai, program padat karya yang dilaksanakan setiap tahun di tengah masyarakat merupakan upaya mempercepat pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing).

"Program padat karya diisi dengan kegiatan pembangunan infrastruktur di masyarakat yang diperoleh berdasarkan aspirasi dari masyarakat di desa. Program ini sangat berdampak bagus untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di desa," ujar Sukarmis saat menyampaikan sambutan pada pencanangan kegiatan padat karya di Desa Sukaping, Kecamatan Pangean, Rabu (19/3/2014).

Selain dihadiri Bupati H Sukarmis, turut hadir Pemuka Masyarakat Kuantan Singingi asal Pangean Ir Mardianto Manan MT, Anggota DPRD Kuansing H Nayarlis dan Afri SP. Kemudian para asisten, inspektur, kaban, kadis, kasat, kakan dan kabag serta camat di lingkungan Pemkab Kuansing.

Kehadiran orang nomor satu di Kuantan Singingi ini juga disambut Camat Pangean, Novrion SSos beserta upika, para kepala UPTD, kepala desa beserta perangkat, ketua BPD beserta anggota dan para kepala sekolah se-Pangean. Kegiatan ini juga dihadiri ratusan masyarakat yang memadati Desa Sukaping Pangean tersebut.

Disampaikan Bupati Sukarmis, kegiatan padat karya yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi sejak tujuh tahun silam merupakan upaya untuk kembali membudayakan gotong royong di tengah kehidupan bermasyarakat di Kuansing.

"Setiap tahun kita melaksanakan kegiatan padat karya, diharapkan melalui kegiatan ini, semangat gotong royong di tengah masyarakat kita tak pernah luntur, dan masyarakat juga kita rangsang untuk bergotong royong," ujar Sukarmis.

Diharapkan bupati, melalui kegiatan padat karya di Desa Sukaping Pangean yang baru pertama kali program ini dilaksanakan di Pangean hendaknya mampu menumbuhkan semangat gotong royong dalam rangka peningkatan peluasan kesempatan kerja di tengah masyarakat. Disamping itu, kegiatan semacam ini juga merupakan upaya Pemkab Kuansing untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di pedesaan, dan juga untuk meretas suatu daerah ke daerah lain.

Pelaksanaan kegiatan padat karya yang dipusatkan di Desa Sukaping Pangean ini, kegiatannya difokuskan pada perbaikan jembatan Dubalang Batu yang panjangnya mencapai 175 meter. Diharapkan, jembatan yang diperbaiki ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Ditambahkan bupati, tidak semua desa di Kuansing mendapatkan program padat karya. Tahun ini saja, hanya tiga desa yang memperoleh program ini. " Dan di Sukaping Pangean merupakan tempat pertama dilaksanakannya kegiatan ini," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Kuansing, H Muharlius menambahkan, melalui program padat karya ini diharapkan partisipasi masyarakat untuk membangun desa ini tercipta. Selain itu juga bertujuan guna memberdayakan potensi pengangguran yang ada di pedesaan, meningkatkan perekonomian masyarakatdan kesenjangan ekonomi antar daerah yang bertetangga.( utr )

Berita Lainnya

Index