Setelah Diguyur Hujan, Cuaca Kota Teluk Kuantan Mulai Cerah

Setelah Diguyur Hujan, Cuaca  Kota Teluk Kuantan Mulai Cerah
ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - Setelah sempat beberapa pekan dirundung kabut asap dan minimnya hujan, namun sejak Sabtu ( 14/3/2013 ) dini hari hingga Minggu ( 15/3/2014 ) malam, warga Kota Teluk Kuantan khususnya dan Kuansing umumnya dapat bernafas lega.
Warga yang sebelumnya menggunakan masker saat keluar rumah  mengantisipasi dampak kabut asap, saat ini jauh berkurang. Tidak hanya itu warga juga sudah mulai berani keluar rumah untuk melaksanakan berbagai aktifitas.
Aktifitas dipusat-pusat perbelanjaan kembali menggeliat seperti sebelunmya baik di Indrako Toserba maupun di Mandiri Swalayan. Begitu juga dengan Pujasera yang ada didepan Bank Riau-Kepri juga tapak dipadati warga pada Sabtu ( 15/3 ) malam.
" Alhamdulillah asap mulai berkurang karena hujan turun dua kali, ya Alhamadulillah,"ujar Purwanto warga Kelurahan Simpang Tiga Teluk Kuantan.
Menurutnya, Ia berani keluar rumah setelah suasana cukup sejuk. Sebelumnya bau asap dan kayu terbakar yang menyengat hingga ke hidung. " Keluar rumah pun tak nyaman,"uar pria beranak dua ini yang hobi menghabiskan malam di Pujasera nongkrong bareng kawan-kawan.
Kepala Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Kuasing, Indra Suandy, ST yang dihubungi, Minggu ( 16/3/2014 ) pagi mengakui sejak turunnya hujan cuaca di Kuansing relatif lebih baik dari sebelumnya walaupu masih ada kabut asap. Namun cukup membuat kabut asap yang sempat tebal berkurang, dan suasana cukup lebih nyaman bagi warga.
Mengenai jumlah titik api terbaru di Kuansing, menurut Indra Suandy relatif tidak ada. Itu berdasarkan laporan satlet NOAA terakhir.
                                                                      
" Data terakhir yang Kita punya dari pantaan staleit NOAA, tanggal 14 Maret, untuk Riau ada 199 titik api, tetapi di Kuansing nihil, Alhamdulillah warga Kuansing tidak membakar lahan disaaat bencana asap seperti ini yang akan memperparah kondisi karena menyangkut juga sektor lain seperti pendidikan, penerbangan dan yang lainnya,"pungkasnya. ( isa)

Berita Lainnya

Index