Mardianto Manan saat berdialog dengan masyarakat Desa Sikijang LTD, Kamis (13/3/2014) kemaren.

Mardianto Manan Ajak Masyarakat Jangan Golput

Jumat,14 Maret 2014 - 05:18:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Calon anggota DPRD Provinsi Riau nomor urut 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Kuantan Singingi-Indragiri Hulu, Ir Mardianto Manan MT mengajak masyarakat supaya menggunakan hak pilih pada pemilu 9 April mendatang.

"Kita himbau masyarakat supaya jangan golput. Gunakan hak kita sebagai warga negara itu untuk memilih wakil rakyat yang bisa memperjuangkan aspirasi rakyat. Kalaupun kita ngotot untuk tidak memilih, pemilu akan tetap berlangsung dan anggota dewan tetap akan ada yang terpilih," imbau Mardianto Manan saat bersilaturrahmi dengan masyarakat di Desa Sikijang, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kamis (13/3).

Dalam pesta demokrasi, kata salah seorang pendiri Kabupaten Kuantan Singingi ini, kebebasan memilih ada pada rakyat. Oleh karena itu, diharapkan hak memilih itu digunakan oleh rakyat. "Semakin banyak kita memilih, semakin bagus demokrasi kita," katanya.

Setiap melakukan sosialisasi di masyarakat, Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UIR ini mengaku selalu berdialog secara langsung dengan masyarakat. Ia menilai, dengan berdialog dan dihadapkan dengan banyak pertanyaan oleh masyarakat, kualitas seorang calon wakil rakyat bisa dinilai secara langsung oleh rakyat.

"Dengan berdialog kita berikan pendidikan politik kepada masyarakat, karena tugas partai politik lah yang memberikan pendidikan politik kepada masyarakatnya. Kalau ini tidak kita lakukan, saya yakin masyarakat kita akan selalu salah dalam menentukan pilihan," ujarnya.

Di setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat, Mardianto Manan selalu menjelaskan peran legislatif atau DPR, DPRD kepada masyarakat. Satu persatu dijelaskannya mengenai fungsi anggota dewan, fungsinya yakni sebagai legislasi, pengawasan dan anggaran.

Dengan menjelaskan itu, Mardianto Manan tidak mau mengumbar janji, karena takut tidak terwujud. "Tugas kita itu tidak membangun, dewan hanya membuat peraturan, melakukan pengawasan, dan menyusun anggaran. Sedangkan yang membangun itu adalah pihak eksekutif atau pihak pelaksana pemerintahan," jelas Mardianto.

Selain itu, masyarakat juga diingatkannya supaya memilih tidak karena terpaksa, dan tidak karena uang dan sebagainya. Diharapkannya, masyarakat itu memilih sesuai dengan keinginannya dan hati masing-masing. "Jadi, tugas kita sebagai caleg harus memberi pendidikan politik kepada masyarakat," ujarnya lagi. utr

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT