Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Akibat kabut Asap, 820 Warga Kuansing Terserang ISPA

Rabu,12 Maret 2014 | 09:48:00   Dibaca: 1554 kali
Akibat kabut Asap, 820 Warga Kuansing Terserang ISPA
Ket Foto : Para siswa SMA I Teluk Kuantan diberikan masker agar terhindar dari bahaya kabut asap. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Akibat kabut asap yang  melanda Kuansing dalam beberapa waktu belakangan membuat 820 warga Kuansing terkena penyakit inspeksi saluran pernapasan akut ( ISPA ).

Hal ini diakui Kadis Kesehatan Kuansing, dr  Reza Tjahyadi saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Rabu (12/3/2014 ) di Teluk Kuantan. 820 orang warga Kuansing yang terkena ISPA itu ujarnya, merupakan data dari  tanggal 14 Februari sampai dengan 10 maret 2014.

Namun yang beruntung ujar Reza,  820 warga Kuansing yang terkena ISPA selama kabut asap terjadi, belum ada yang dirujuk ke Pekanbaru atau daerah lain untuk mendapat pengobatan lanjutan.

" 820 orang warga Kuansing yang terserang ISPA itu berhasil ditangani di RSUD Teluk kuantan maupun Puskesmas yang ada di Kuansing,"ujarnya.

Selain ISPA ujarnya, selama kabut asap, juga ada keluhan lain dari masyarakat akibat kabut asap yang terjadi, misalnya iritasi mata, irigasi kulit, radang paru dan Asma. Dari data seluruh layanan kesehatan umum di se-Kuansing bebernya, untuk iritasi mata dialami 62 orang, iritasi kulit dialami 77 orang, radang paru ( peunomia ) dialami 4 orang dan Asma dialami 17 orang.

" Namun seluruh penderitanya juga berhasil ditangani instansi kesehatan yang ada di Kuansing,"ujar Reza.

Untuk mengurangi bahaya kabut asap terhadap warga, menurut Reza  Dinas Kesehatan Kuansing telah membagi-bagikan sebanyak 10 ribu masker gratis kepada warga masyarakat  terutama pada para siswa siswi se kuansing. Oleh sebab Ia menghimbau semua warga khusus yang sedang keluar rumah agar memakai masker guna menghindari bahaya gangguan kabut asap


" Selain itu Dinas Kesehatan kuansing juga telah berkordinasi dengan Dinas pendidikan Kuansing meminta agar siswa siswi khususnya SD diliburkan  selama kabut asap karena sudah membahayakan,"pungkasnya. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.