Kepala Badan Kesbangpol Kuansing, Pebrian Swanda, S.Hut saat membuka kegiatan Sosialisasi. ( ktc )

Badan Kesbangpol Kuansing Taja Sosialisasi UU 8 Tahun 2014 Pada Pemilih Pemula

Selasa,11 Maret 2014 - 10:54:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Kabupaten Kuansing , Selasa ( 11/3/2014 ) menggelar Sosialisasi Undang - undang RI Nomor 08 tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD, DPRD Prov. dan DPRD Kabupaten / Kota.Kegiatan ini difokuskan bagi para pemilih pemilih pemula.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Adat Teluk Kuantan itu dibuka oleh Bupati Kuansing H Sukarmis yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kuansing, Pebrian Swanda, S.Hut. Dihadiri sejumlah Kadis, Kaban dan undangan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Sosialsasi, Drs Mulyadi  Harun, dalam kegiatan ini peserta yang diundang merupakan para pemilih pemula. Sesuai aturan yang ada, pemilih pemula merupakan pemilih yang berusia antara 17 tahun sampai dengan 21 tahun.

“ Mayoritas pemilih pemula yang tergolong dalam kriteria ini antara lain pelajar SLTA, mahasiswa dan pekerja muda,”ujar yang juga menjabat sebagai Kabid Politik Badan Kesbangpol Kuansing itu.

Melalui kegiatan sosialisasi UU ini kepada para pemilih pemula ujarnya, mereka  dapat berperan aktif dalam kewajiban memilih. karena menggunakan hak pilih merupakan tanggung jawab warga Negara

Apalagi ujar Mulyadi Harun jumlah pemilih pemula di Indonesia cukup besar. Kesadaran mereka untuk berpatisipasi aktif dalam Pemilu perlu terus ditingkatkan, demi peningkatan kualitas demokrasi.

Sementara itu Kepala BadanKesbangpol Kuansing, Pebrian Swanda,  melalui kegiatan sosialisasi ini para  pemilih pemula supaya dapat menjadi pemilih yang kritis dan rasional. artinya dalam menjatuhkan pilihan sesuai dengan hati nurani.

Karena itu sebutnya, selain untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemilih pemula soal UU Nomor 8  Tahun 2012 Tentang Pemilu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan keikutsertaan mereka dalam pesta demokrasi.

Oleh sebab itu Pebrian Swanda menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. Karena jumlah pemilih pemula yang besar harus dapat memberikan hak suaranya pada setiap pesta demokrasi terutama Pemilu 2014 ini. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT