Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Cukup Mahal, Kuansing Belum Miliki Alat ISPU

Selasa,10 Maret 2014 | 09:55:00   Dibaca: 1099 kali
Cukup Mahal, Kuansing Belum Miliki Alat ISPU
Ket Foto :
Cukup Mahal, Kuansing Belum Miliki Alat ISPU
TELUK KUANTAN - Seperti daerah lain di Riau, kabupaten Kuansing menjadi langganan kabut asap jika terjadi pembakaran lahan, baik di Kuansing sendiri maupun diderah lain di Riau. Walau kabut asap sering terjadi, hingga saat ini Kuansing belum memiliki peralatan ISPU atau peralatan indek standar pemantauan kualitas udara.
" Sampai saat ini Kita memang belum memiliki peralatan ISPU baru Pekanbaru yang memiliknya,"ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup ( BLH) Kuansing, Indra Suandy, ST, MT yang dikinformasi, Minggu ( 9/3 ) yang lalu.
Menurut Indra Suandy, peralatan ISPU tersebut cukup mahal. Keberadaan ISPU di Pekanbaru diadakan melalui kerjasama pemerintah daerah setempat melalui kerjasama propgram Air Quality Manajemen System untuk 9 Kota besar di Indonesia kala itu termasuk kota Pekanbaru.
" Jadi program ini didanai dari pinjaman lunak negara poemberi bantuan yang mendukung program ini,"ujarnya.
Karena belum memiliki peralatan ISPU ini ujarnya, maka tingkat pencemaran udara di Kuansing khususnya di Teluk Kuantan belum dapat dilakukan secara pasti. Kalau memiliki peralatan ISPU, peralatan ini secara otomatis menyebutkan tingkat pencemaran udara yang terjadi.
Namun demikian ujarnya, secara periodeik bersama instansi terkait lainnya, BLH akan terus memantau kondisi asap dan memberikan rekomendasi atas kondisi akabut asap yang terjadi.

" Seperti Kita telah memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan untuk meliburkan siswa SD,"ujarnya. ( idi susianto )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.