Asap Kian Bahaya, Siswa TK dan SD Diliburkan Lima Hari

Asap Kian Bahaya, Siswa TK dan SD Diliburkan Lima Hari
Sejumlah perusahaan di Kuansing memberikan masker gratis kepada warga. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Pemkab Kuansing melalui Dinas Pendidikan akhirnya memutuskan untuk meliburkan seluruh anak Taman Kanak-kanak (TK), murid kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar (SD) yang ada didaerah ini.

Kebijakan merumahkan para siswa tersebut akibat  kualitas cuaca di Kabupaten Kuansing yang sudah mencapai tahap yang sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat, apalagi bagi anak-anak sekolah.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kuantan Singingi, Drs H Alwis MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (10/3/2014).

Menurut Alwis, pihaknya meliburkan seluruh anak-anak TK dan SD di kelas 1, 2 dan 3 didasarkan atas Surat Badan Lingkungan Hidup Kuantan Singingi Nomor 660/BLH-PP&KL/2014/107, tanggal 6 Maret 2014, perihal Kondisi Kualitas Udara di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam surat BLH tersebut, kata Alwis, disampaikan, bahwa kualitas udara di Kuansing dinyatakan tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan masyarakat. Sehubungan dengan surat itu, pihaknya mengeluarkan Surat Dinas Pendidikan Nomor 420/DISDIK-UM/291, tertanggal 10 Maret 2014, perihal Libur Sekolah.

Dalam surat tersebut, pihaknya meminta supaya sekolah TK, dan SD untuk meliburkan seluruh anak TK, SD kelas 1, 2 dan 3. "Terhitung dari tanggal 10 sampai dengan 15 Maret, kita meminta kepada sekolah untuk meliburkan siswanya, tapi tidak seluruh siswa," kata Alwis.

Jika hingga 10 Maret kondisi kualitas cuaca tidak memungkinkan untuk sekolah, maka pihaknya akan kembali memperpanjang libur. "Kalau tak kunjung bagus udara, nanti kita perpanjang masa libur siswa tersebut," katanya lagi.

Alwis menghimbau kepada seluruh kepala sekolah yang diminta untuk diliburkan siswanya agar menyampaikan kepada anak didiknya tersebut, sehingga tidak ada sekolah yang tidak mengetahuinya. "Surat sudah kita layangkan kepada sekolah-sekolah," katanya.

Kendati tidak seluruh siswa diliburkan, namun Kadisdik Kuansing berpesan supaya sekolah tetap melaksanakan proses belajar mengajar seperti biasa. "Yang libur itu kan hanya anak TK seluruhnya dan SD di kelas 1, 2 dan 3, dan yang lain tetap sekolah," ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index